×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
'Kejutan' menanti cheater game Counter-Strike: Global Offensive CSGO

0

N/A

'Kejutan' menanti cheater game Counter-Strike: Global Offensive CSGO

Kamu doyan main curang di game CSGO? Hati-hati mungkin kamu bakal jadi korban prank program cheat ScriptKid di internet.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

16 / 09 / 2020 14:35

Bisa jadi tidak terlalu populer di Indonesia, namun game perang / simulasi militer online Counter-Strike: Global Offensive termasuk judul penting di dunia game online saat ini. Sejajar dengan judul-judul beken lain seperti Call of Duty, Player Unknown Battlegrounds / PUBG,  ataupun Battlefield. Walau jika dilihat dari sisi gamers Indonesia semua judul tadi sepertinya kalah pamor dibanding Point Blank atau Free Fire yang laris dimainkan lewat smartphone.

Di dalam dunia video game kamu harus menggunakan netiquette agar dihargai dan menghargai sesama pemain. Jangan jadi pemain game yang ngeselin. Salah satu perilaku tidak terpuji dari pemain game online adalah berlaku curang alias nge-cheat.

Seorang cheater akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Bisa dibayangkan kalau seseorang di dalam game tembak menembak tidak bisa mati ditembak, bukan karena memakai rompi anti peluru (yang mungkin tersedia di dalam game) tapi karena dia menggunakan program cheat agar kebal peluru. Program cheat ini mengacaukan algorithma dan koneksi antara game dengan server internet game sehingga cheater/pengguna cheat jadi diuntungkan dan pemain lain dirugikan. Situasi ini merupakan penyakit yang selalu muncul di setiap game online, termasuk di game tembak menembak simulasi perang seperti Counter-Strike: Global Offensive alias CSGO.

'Kejutan' menanti cheater game Counter-Strike: Global Offensive CSGO

Loading...

CSGO. Foto: AFK Gaming

Cheat dan cheater merusak keseimbangan dan kesenangan semua pihak yang terlibat di dalam game (selain dia sendiri, yang sudah pasti happy karena menang mudah). Pihak developer game selalu berkutat dan berusaha mencegah adanya praktek-praktek main curang seperti itu setiap saat. Namun terkadang mereka mendapat bantuan dari kelompok yang sering dianggap penyebab adanya program cheat, yaitu hacker.

Seperti yang terjadi di game CSGO baru-baru ini. Seseorang dengan nama "ScriptKid" yang aktif di YouTube dan Twitch dan merupakan software programmer menciptakan program ‘cheat’ yang justru mem-bully cheater pemakai program miliknya.

Caranya bagaimana? Sederhana saja. ScriptKid menciptakan program yang menyaru/menyamar sebagai "program cheat untuk game CGSO". Dia bahkan rela keluar uang mempromosikan program tadi lewat Google. Dan gamer cheater yang termakan iklan itu kemudian men-download program buatan ScriptKid tanpa sadar kalau mereka akan dikerjai.

Saat digunakan, program tersebut bukannya membuat pemakainya kebal senjata atau bisa melakukan headshot tanpa berusaha membidik kepala di game CSGO. Alih-alih mendapat keuntungan, cheater pengguna program palsu tadi malah kena sial selama bermain. Seperti granat yang meledak di dekat diri sendiri misalnya. Atau karakternya nyangkut tidak bisa bergerak.

Dan jika ingin menyalahkan ScriptKid sebagai pencipta program cheat tadi, mereka tidak akan bisa melakukannya karena sebelum meng-install program cheat itu pemain diberikan “End User Agreement” yang intinya membebaskan ScriptKid dari apa pun tanggung jawab jika memakai program buatannya. Mereka (para cheater) juga secara otomatis akan mengirim rekaman video situasi mereka sial saat menggunakan program cheat ke server ScriptKid. Sehingga perilaku konyol mereka terekam dan dijadikan konten video oleh ScriptKid. Seperti ini:

Situasi yang terjadi akan semakin buruk buat cheater karena apa yang terjadi pada mereka ikut memengaruhi situasi dalam team. Tak jarang cheater tersebut berakhir ditendang keluar dari team mereka karena dianggap mengganggu harmoni dalam grup. Hal yang wajar jika pemain lain menyadari kalau ada cheater di antara mereka.

Memenangkan pertandingan dengan cara curang selalu akan berdampak buruk dan tidak sehat. Sebuah kekalahan terhormat akan lebih berbobot ketimbang kemenangan dengan cara curang. Play fair game and have fun!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red