Menonton film adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, mulai dari menontonnya sendiri, maupun bersama-sama. Namun terkadang kamu bosan dengan film yang itu-itu saja dan kehabisan referensi film untuk ditonton. Nah, jika film-film modern terasa membosankan, mungkin beberapa film klasik yang melegenda ini bisa kamu jadikan pilihan.

1. Gone With the Wind (1939).

5 Film klasik ini bisa kamu jadikan referensi buat ditonton

Film pertama ini datang dari karya penulis Margaret Mitchell dengan judul yang sama. Film yang disutradarai oleh Victor Fleming ini berhasil menyabet 10 piala Oscar dan mengantarkan film ini menjadi film dengan pendapatan tertinggi. Bercerita tentang seorang gadis berusia 17 tahun dari Georgia bernama Scarlett O'hara (Vivien Leigh) yang lahir dari keluarga yang bisa dibilang 'berada'. Ia adalah seorang gadis yang cantik, digilai pria dan selalu dimanja. Hal itu membuatnya menjadi gadis yang suka memberontak dan ambisius.

Usia Scarlett pada zaman itu bisa dibilang sudah saatnya untuk menikah, dan hanya satu orang pria yang ia cintai, yaitu Ashley (Leslie Howard). Namun apa mau dikata, Ashley malah jatuh cinta dengan Melanie Hamilton (Olivia De Havilland), sepupu Scarlett. Kehidupan cinta Scarlett pun berubah semenjak kedatangan Rhett Butler (Clark Gable), seorang pria kaya yang tertarik pada Scarlett. Selain persoalan cintanya, Scarlett pun harus berjuang menghadapi kerasnya hidup karena keluarganya jatuh miskin akibat perang.

2. Casablanca (1940).

5 Film klasik ini bisa kamu jadikan referensi buat ditonton

Film berikutnya adalah Casablanca.FIlm ini adalah filmromantis klasik yang patut mendapat pujian dan hingga sekarang dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang sejarah. Bercerita ketika Perang Dunia II sedang panas-panasnya, saat itu Eropa menjadi kelam akibat ulah Jerman, terutama di Prancis. Orang-orang berlomba mencari tempat yang aman untuk ditinggali dan salah satu tempat itu adalah Lisbon, Portugal. Namun, untuk ke Lisbon mereka harus melewati Casablanca terlebih dahulu.

Kemudian ada Kapten Renault (Claude Rains), seseorang yang hanya mementingkan dirinya sendiri yang membawa petinggi Jerman ke Cafe Americain milik Rick (Humprey Bogart). Rick sendiri dianggap sebagai orang yang membawa pengaruh besar di Casablanc, namun ia lebih suka menutup dirinya. Renault meminta Rick untuk menahan buronan NAZI bernama Victor Laszlo (Paul Henreid) ke Lisbon. Namun siapa sangka, Victor datang bersama istrinya, Isla Lund (Ingrid Bergman) yang juga merupakan mantan kekasih Rick yang masih ia cintai. Lalu, apakah Rick akan tetap menahan Victor dan Isla, atau membiarkan mereka pergi?

3. Rear Window (1954).

5 Film klasik ini bisa kamu jadikan referensi buat ditonton

Film selanjutnya adalahsalah satu masterpiece Alfred Hitchcock yang terkenal dengan film-film thrillernya yang menegangkan. Film ini termasuk unik karena mengintip kehidupan tetangga melalui jendela. Film ini bercerita tentang photographer bernama L.B Jefferies (James Stewart) yang harus menghabiskan waktu 6 bulan di sebuah apartemen karena kakinya patah saat pengambilan gambar. Waktunya dihabiskan dengan menatap ke jendela dan melihat aktivitas-aktivitas tetangganya di apartemen.

Suatu malam, Jefferies mendengar teriakan dari salah satu apartemen dan ia mulai mencurigai bahwa suami dari tetangganya itulah yang membunuh istrinya. Rasa penasaran dalam diri Jefferies pun muncul hingga memanggil temannya yang juga seorang detektif bernama Thomas Doyle untuk menyelidiki. Kegiatan 'mengintip' di jendela yang dilakukan Jefferies dibantu oleh kekasihnya yang memiliki latar belakang berbeda dengannya, yaitu Lisa Fremont (Grace Kelly) dan perawat Jefferies, yaitu Stella.

4. The Wizard of Oz (1939).

5 Film klasik ini bisa kamu jadikan referensi buat ditonton

Jika bicara tentang film fiksi yang imaginatif, pasti dibayangan kita adalah teknologi seperti CGI atau properti canggih lainnya. Namun bagaimana jika film itu digarap di tahun 1930an? Tentu suatu kehebatan tersendiri, seperti film The Wizard of Oz yang berhasil menyihir penonton dan dianggap sebagai salah satu film anak terbaik sepanjang sejarah serta mempopulerkan lagu 'Somewhere Over the Rainbow'.

Film ini bercerita tentang Dorothy (Judy Garland), seorang gadis yang hidup di Kansas dan sedang marah pada Ny. Gulch yang menyakiti anjing kesayangannya bernama Toto. Kemudian Dorothy mengadu pada Paman Henry dan Bibi Em. Dorothy kemudian diberitahu Bibi Em tentang sebuah negeri dongeng bernama Oz dan Dorothy mempercayainya. Ia lalu pergi mencari tempat itu, namun tidak menemukannya. Saat kembali, ia mendapati rumahnya hancur akibat tornado yang membawanya terbang. Lalu sampailah Dorothy di sebuah taman indah penuh bunga dan bertemu dengan penyihir baik bernama Glinda (Billie Burke). Di sanalah petualangan seru Dorothy dimulai.

5. Citizen Kane (1941).

5 Film klasik ini bisa kamu jadikan referensi buat ditonton

FIlm terakhir dan terbaik menurut banyak kritikus film yaitu Citizen Kane. Film yang disutradarai langsung oleh Orson Welles ini mendapat predikat film terbaik sepanjang masa karena kecerdasan dari film tersebut. Di tahun 1940an di mana teknologi sangat minim, Citizen Kane mampu membuat film dengan plot twist yang luar biasa hebatnya.

Ceritanya dimulai dari penampilan istana setara ukuran 10 museum bernama Xanadu yang isinya dipenuhi dengan patung-patung. Istana ini dimiliki oleh seorang bernama Charles Foster Kane (Orson Welles) yang juga pemilik surat kabar, radio dan juga apartemen. Dilahirkan dari keluarga kurang mampu, ia mendapat 'keberuntungan' dari harta terpendam milik penyewa pondok ibunya, dan kemudian Charles dibawa ke Chicago oleh Walter P. Thatcher yang menjadi walinya. Kematian Charles Foster Kane membawa seorang reporter mengungkap rahasia kehidupan Kane dari awal hingga akhir hayatnya. Flashback pun dimulai satu per satu dari sumber yang berbeda demi mengetahui arti dari kata 'rosebud' yang diucapkan Kane sebelum mati.