×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Katakan putus pada Anemia dengan cara ini

0

Kesehatan

Katakan putus pada Anemia dengan cara ini

Begini cara menghindarinya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ayu Meilina

30 / 08 / 2018 15:59

Anemia mungkin kedengaran seperti nama yg cantik. Eits, tapi jangan tertipu dulu ya. Meskipun nama Anemia terdengar sangat indah, tapi berbeda dengan artinya. Anemia adalah nama sebuah penyakit dengan ciri kurangnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Penyebabnya bermacam-macam, paling umumnya karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi (Fe).

Gejala anemia terkenal dengan istilah 5L, yaitu Lemah, Letih, Lesu, Lelah dan Lalai. Gejala itu membuat kita jadi malas untuk bergerak dan tentunya menjadi tidak aktif, produktivitas kerja dan prestasi juga menurun. Kamu juga pasti nggak mau banget dong dengan 5L itu. Jadi sekarang saatnya katakan putus dengan anemia.

Tenang aja, caranya gampang kok. Nah, berikut ini tips dan triknya.

1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi (Fe) yang tinggi. 

hati sapi www.123rf.com

Loading...

Foto: www.123rf.com

Makanan yang mengandung zat besi di antaranya terdapat pada hati sapi. Dengan mengonsumsi 100 gram hati sapi, sama halnya kamu telah mengonsumsi 6,6 mg zat besi. Angka ini tergolong cukup tinggi lho, guys. Dengan mengonsumsi hati sapi sebanyak 100 gram saja, berarti setara dengan kita sudah memenuhi separuh dari kebutuhan zat besi orang dewasa (13-26 mg/hari). Selain itu, daging sapi juga bisa kamu jadikan alternatif. Di dalam 100 gram daging sapi terkandung 2,8 mg Fe. Meski angkanya tergolong kecil, tapi jangan salah lho, karena zat besi yang terkandung dalam sumber hewani seperti daging dan hati memiliki nilai biologis tinggi yang artinya zat besinya langsung diserap oleh tubuh.

Selain sumber hewani, dari sumber nabati pun kamu juga bisa memenuhi kebutuhan zat besi melalui konsumsi kacang-kacangan dan sayuran. Kacang-kacangan seperti tempe, dalam 100 gramnya mengandung 10 mg Fe. Sedangkan untuk 100 gram sayuran hijau mengandung 3,0-6,2 mg Fe.

2. Kurangi konsumsi Tanin.

no kopi http://www.clker.com

Foto: http://www.clker.com

Tanin adalah polifenol yang banyak terdapat di dalam teh dan kopi. Untuk itu ketika mengonsumsi makanan tinggi Fe, sebaiknya tidak dibarengi dengan minuman atau makanan yang mengandung tanin, karena dapat mengikat zat besi yang terdapat di dalam makanan sehingga zat besi yang akan diserap oleh tubuh menjadi berkurang.

3. Kurangi begadang.

female sleeping © 2018 brilio.netwww.freepik.com

Foto: www.freepik.com

Memang benar kata Om Haji Rhoma Irama, guys. Jangan begadang bila tak ada artinya. Begitu juga dengan tubuh kita. Sebaiknya hindari begadang, bahkan tidak tidur sampai pagi. Hal itu sangat tidak bagus lho, karena tubuh kita memerlukan istirahat 6-8 jam/hari. Jika istirahat kita kurang, maka fungsi tubuh akan terganggu. Ingat, tubuh kita bukan robot yang bisa dipaksa kerja 24 jam ya.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah pada malam hari, sel darah merah akan banyak diproduksi oleh tubuh. Untuk itu sangat penting bagi kita agar tidur dan beristirahat pada malam hari.

Gimana guys, sudah cukup kan tips buat putus dari Anemia? So, jangan mau ya hidup dengan ikatan Anemia. Karna akan sangat tidak enak untuk kesehatanmu, guys.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red