Kofi Afta Annan, pria kelahiran Kumasi, 8 April 1938 yang meninggal pada 18 Agustus 2018 di usia 80 tahun adalah diplomat Ghana yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-7 sejak Januari 1997 sampai Desember 2006.

Annan adalah penerima hadiah Nobel Perdamaian 2001. Kofi Annan adalah pendiri dan ketua Foundation sekaligus ketua The Elders, organisasi internasional yang didirikan oleh Nelson Mandela.

Kofi Annan adalah anak dari Victoria dan Henry Reginald Annan yang lahir di wilayah Kofandros Kumasi, Ghana. Kofi berarti terlahir pada hari Jumat. Annan yang lahir sebagai anak kembar dianggap sebuah peristiwa spesial oleh tradisi Ghana. Saudara kembarnya (Efua) meninggal pada tahun 1991.

Karier Kofi Annan,  Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa

Nelson Mandela dan Kofi Annan (Foto : The Guardian.com)

Keluarga Annan merupakan bagian kelompok elit Ghana. Kedua kakeknya serta pamannya adalah kepala suku. Ayahnya berdarah setengah Asante dan setengah Fante, sedang ibunya seorang suku Fante. Ayah Annan bekerja cukup lama sebagai manajer ekspor perusahaan cokelat Lever Brothers.

Tahun 1962, Annan bekerja sebagai pegawai anggaran untuk Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), sebuah badan PBB. Dari 19741976, ia bekerja sebagai Direktur Pariwisata di Ghana. Sesudah itu, ia bekerja kembali di PBB sebagai Asisten Sekretaris Jenderal di tiga posisi berurutan, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Koordinator Keamanan (1987-1990), Perencanaan Program, Anggaran dan Keuangan, dan Pengawas (1990-1992), serta Operasi Penjaga Perdamaian (Maret 1993-Februari 1994).

Pada 13 Desember 1996, Annan terpilih oleh Dewan Keamanan PBB sebagai Sekretaris Jenderal dan dikukuhkan empat hari kemudian lewat pemungutan suara di Majelis Umum. Annan segera mengambil sumpah jabatan dan memulai masa jabatannya yang pertama sebagai Sekretaris Jenderal pada 1 Januari 1997. Annan menggantikan Sekretaris Jenderal Boutros Boutros-Ghali dari Mesir yang berakhir masa jabatannya. Ia menjadi orang pertama dari sebuah negara Afrika yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Karier Kofi Annan,  Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa

Foto: Euronews.com

Masa jabatan Annan sebagai Sekjen diperbarui pada 1 Januari 2002 dalam sebuah penyimpangan yang tak lazim dari kebijakan yang tak resmi. Jabatan ini biasanya berotasi di antara benua, masing-masing dengan dua masa jabatan. Karena pendahulu Annan adalah Boutros-Ghali yang juga berasal dari Afrika, Annan biasanya hanya akan menjabat satu kali masa jabatan. Perpanjangan masa jabatannya ini menunjukkan popularitas Annan.