Para pecinta Harry Potter atau dikenal dengan sebutan Potterhead pasti sudah familiar dengan ular kesayangan Voldemort yang bernama Nagini. Bagi pecinta film yang tidak mengikuti serial Harry Potter dari awal, mungkin akan mengingat Nagini lewat adegan membunuh ular raksasa di film terakhir serial Harry Potter. Yup, ular seperti jenis pyton raksasa ini sekaligus dijadikan Horcrux atau tempat penyimpanan sebagian jiwa Voldemort.

Namun, tahukah kalian? Ternyata, dibalik kisah salah satu magical creatures dunia sihir ciptaan J.K. Rowling ini terselip nilai kebudayaan Indonesia.

Dilansir dari twitter sang novelis berkebangsaan Inggris tersebut, nama Nagini sebenarnya terinspirasi dari kata Naga yang berasal dari mitologi Indonesia.

Isi cuitan twitter tersebut nampaknya merupakan balasan Rowling kepada salah satu followernya yang mempertanyakan kenapa peran Nagini diberikan kepada orang Asia; yang menurutnya dipaksakan.

The Naga are snake-like mythical creatures of Indonesian mythology, hence the name Nagini. They are sometimes depicted as winged, sometimes as half-human, half-snake. Indonesia comprises a few hundred ethnic groups, including Javanese, Chinese and Betawi. Have a lovely day ?

J.K. Rowling (@jk_rowling) September 26, 2018


"Dengarkan Joanne (nama asli JK Rowling), kami paham kamu tidak sempat memasukkan keterwakilan orang Asia ketika kamu menulis buku Harry Potter, tetapi tiba-tiba membuat tokoh Nagini menjadi perempuan Korea adalah kesalahan," tulis Jen lewat akun @J_A_Moulton.

Yang kemudian dibalas oleh Rowling:

Naga adalah makhluk mistis menyerupai ular yang ada di mitologi Indonesia sehingga aku menamainya Nagini. Mereka terkadang digambarkan bersayap, kadang berwujud setengah manusia setengah ular. Indonesia terdiri dari ratusan kelompok etnis, termasuk Jawa, Tionghoa, dan Betawi. Semoga harimu indah," balas sang penulis.

Sang Ular yang Ternyata adalah Seorang Wanita

Serial kedua Fantastic Beast besutan Warner Bros Pictures, yang bertajuk Fantastic Beast: the Crimes of Grindelwald ini telah merilis official final trailer pada 25 September lalu. Pada trailer berdurasi lebih dari 2 menit ini, kita bisa menyaksikan bahwa karakter Nagini yang selama ini merupakan seekor ular raksasa di dalam benak para penikmat novel dan film Harry Potter ternyata adalah wanita cantik berparas oriental. Terlihat Credence yang diperankan oleh Ezra Miller pada detik ke 30 menyebut nama Nagini dan kemudian wanita berparas Asia yang diperankan oleh aktris Korea Selatan bernama Claudia Kim berubah menjadi ular raksasa.

By the way, kalau namanya terinspirasi dari Bahasa Indonesia, kenapa gak sekalian diperankan oleh aktris Indonesia ya? Hehe...