×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kangen masa kecil? Yuk, nostalgia jajanan pasar di Kafe Gulo Jowo

0

Jalan-Jalan

Kangen masa kecil? Yuk, nostalgia jajanan pasar di Kafe Gulo Jowo

Yuk, nostalgia dengan icip-icip lagi jajanan pasar tradisional yang hampir punah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Juli Winarko

04 / 07 / 2019 12:03

Siapa sih yang nggak suka makan? Makanan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Inovasi di bidang kuliner juga terus bermunculan, namun kamu bosan nggak sih dengan menu makan kekinian yang itu-itu saja? Kalau kamu lagi kangen sama jajanan pasar tradisional masa kecil, di Surakarta terdapat kafe yang menyajikan berbagai menu jajanan pasar tradisional yang dijamin buat kamu jadi flashback sama masa kecil dulu.

Tommy Djenar, pemilik kedai Gulo Jowo

Kafe Gulo Jowo menawarkan konsep kafe yang cukup unik karena di tengah tren kuliner yang modern dan cenderung berkiblat pada kuliner barat, kafe ini mencoba untuk resisten terhadap tren atau era tersebut. Kafe Gulo Jowo ingin melestarikan warisan kuliner dari nenek moyang. Hal ini cukup penting dan bisa menjadi edukasi terutama untuk anak muda sebagai generasi penerus bangsa agar senantiasa ingat dan bisa turut melestarikannya.

Tommy Djenar merupakan pendiri sekaligus pemilik Kafe Gulo Jowo di Solo. Kafe ini mengangkat konsep kafe untuk bernostalgia dengan makanan pasar dan menawarkan kuliner tradisional khas Jawa, yaitu aneka macam jajanan pasar antara lain semar mendem, getuk, cenil, berbagai jenis jenang dan ketan, serta berbagai minuman khas seperti tape singkong, es kapal, asle, beras kencur, dan masih banyak lagi.

menu makanan yang ditawarkan

Loading...

Kalau datang ke kafe ini, kamu nggak perlu takut untuk merogoh kocek dalam-dalam karena semua menu makanan harganya flat Rp10.000 dan menu minuman bervariasi mulai 4.000 sampai 12.000. Harga yang sedemikian ramah di kantong pastinya recommended banget buat kalian. Selain dapat menikmati sajian menu yang nikmat kita juga sekaligus belajar mengenai warisan makanan tradisional nenek moyang yang hampir punah. 

97% Bahan Baku Didapat dari Pasar Tradisional, Lho!

Jajanan pasar yang ada di sini 97% menggunakan bahan baku yang berasal dari pasar. Pemilik kafe memaparkan bahwa hal tersebut dikarenakan ia ingin menghindari barang-barang yang berasal dari pabrik dan yang mengandung pengawet.

Semua menu makanan dan minuman di Kafe Gulo Jowo ini prosesnya dari bahan mentah murni sampai menjadi makanan dan tidak berasal dari pabrik. Kafe Gulo Jowo berusaha untuk membantu perekonomian para pedagang pasar dari kelas menengah ke bawah karena di tengah perkembangan zaman ini banyak yang memilih untuk membeli bahan baku mereka secara impor maupun hasil manufaktur.

Lokasi Strategis di Tengah Kota

Jika kamu ingin berkunjung ke Kafe ini, letak Cafe Gulo Jowo berada di Jalan Museum No.32, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141 dekat dengan Taman Sriwedari, Solo. Namun jika kamu sedang berada di kota Jogja dan Bandung, Cafe Gulo Jowo juga sudah membuka cabang di sana lho! Jadi kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke Solo untuk bisa bernostalgia dan menikmati berbegai menu jajanan pasar yang disajikan di sini. Meskipun lokasinya terletak di tengah Kota Solo, Kafe Gulo Jowo juga cocok jadi lokasi kamu untuk hangout bersama teman di akhir pekan. Selamat bernostalgia dan menikmati warisan kuliner Indonesia!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red