×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kamu terjebak utang? Segera praktikkan 3 strategi bola salju ini

0

Ekonomi

Kamu terjebak utang? Segera praktikkan 3 strategi bola salju ini

Lebih baik banyak menabung daripada berutang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yuniar Setiawati

01 / 03 / 2020 15:30

Hidup terjebak utang sangatlah tidak mengenakkan. Menurut pengalaman saya, utang dapat membuat kesulitan tidur nyenyak dan hidup rasanya penuh dengan beban.

Saya menyadari pertama kali terjebak utang tatkala memberanikan diri menggunakan kartu kredit dengan tidak bijaksana. Saya mudah sekali tergiur membeli sesuatu yang bagi mata menarik, entah itu berupa barang ataupun makanan. Sering menggesek kartu kredit dan berbelanja tanpa memprioritaskan kebutuhan membuat saya berulang kali terjebak melakukan kesalahan finansial. Sampai hari ini pun saya berusaha untuk melunasi utang dan hidup lebih baik lagi sampai kelak mengalami kemerdekaan secara finansial, bebas utang, dan lebih banyak berinvestasi.

Saya bersyukur memiliki sahabat yang peduli dengan hidup keuangan saya, ia menasihati untuk mempraktikkan strategi bola salju supaya utang yang menjerat dapat lunas. Strategi ini sebenarnya dipopulerkan oleh Dave Ramsey yang selama setahun berhasil melunasi utangnya dibandingkan dengan banyak orang lainnya yang membutuhkan waktu tujuh tahun. Strategi bola salju (debt snowball) ini dapat dipelajari bersama-sama, berikut penjelasannya.

1. Membuat daftar utang.

Membuat daftar utang itu sangat perlu. Hal ini diperlukan untuk membantumu menganalisa semua utang yang ada. Daftar utang itu dapat dibuat secara sederhana menggunakan daftar berbentuk tabel. Tabel daftar utang ini dapat diisi dengan utang apa saja yang selama ini kamu miliki. Kamu dapat tuliskan itu secara detail termasuk keterangan jenis utang, berapa cicilan per bulannya, berapa persen suku bunganya dan tanggal jatuh tempo.

Loading...

2. Melunasi utang yang suku bunganya besar.

Utang yang suku bunganya besar harus segera dilunasi terlebih dulu. Suku bunga yang terlalu besar justru membuat utangmu terlihat makin banyak. Beberapa lembaga keuangan menerapkan utang berbunga ini biasanya untuk membayar dana operasional dan mencari keuntungan dari kita yang dipiutanginya. Tidak perlu kaget, ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Kembali pada topik pelunasan utang, pertama-tama dari daftar utang yang sudah dibuat tadi, kamu dapat memprioritaskan melunasi utang yang suku bunganya besar dulu. Misalnya dari lima utang yang kamu miliki ada tiga utang yang suku bunganya besar, maka kamu perlu melunasi tiga utang tersebut dan membayar secara minimum dua utangmu lainnya. Percayalah, membayar utang yang suku bunganya besar akan mempercepat pelunasan utang dan menghemat uangmu.

3. Melunasi utang yang cicilannya kecil.

Setelah dapat melunasi utang yang suku bunganya besar, kamu dapat beranjak melunasi utang yang cicilannya kecil. Utang yang cicilannya kecil tidak boleh diabaikan karena meski cicilannya kecil, tetapi jika utang tersebut ada beberapa jenis juga sama saja memusingkan. Biasanya ini kerap dialami oleh kaum wanita yang banyak ditawarkan utang berjangka oleh penjual panci, oven, dan barang-barang dapur lainnya.

Utang besar maupun kecil haruslah segera dilunasi supaya hidupmu tidak terus-menerus terbebani dengan banyak pikiran. Kamu adalah manusia yang butuh sehat. Menjaga kesehatan salah satunya juga terampil mengelola keuangan di mana melunasi utang termasuk di dalamnya.

Jika utang selesai, saya percaya hidupmu akan jauh lebih baik. Kamu akan merasa lega dan dapat produktif kembali bahkan dapat terus fokus dan semangat mengembangkan cara-cara kreatif untuk meningkatkan penghasilan. Dan terakhir, lebih baik banyak menabung daripada banyak utang, guys!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red