Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemunculan internet memang memudahkan banyak orang. Karena itu, internet sudah menjadi hal yang gak bisa dilewatkan di keseharian seseorang. Kita berkomunikasi, mencari sumber informasi, dan seringkali mendapat berbagai macam hiburan melalui internet. Akan tetapi, terkadang kita sampai gak sadar waktu kalau lagi internetan, yang berdampak pada penggunaan internet secara berlebihan. Dengan kata lain, kita sudah kecanduan internet. Kalau kamu mulai merasakan gejalan kecanduan internet, berikut 5 cara untuk kamu mengatasinya.

1. Sadar diri kalau kamu mulai kecanduan

Kamu kecanduan internet? Ini 5 cara mengatasinya!

Sadar diri adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan internet. Cara untuk menyadarkan dirimu bisa dengan mencatat seberapa lama kamu menggunakan internet dan apakah kamu menggunakannya untuk hal yang penting atau tidak. Jika sebagian besar waktu yang kamu habiskan dengan menggunakan internet adalah untuk hal-hal yang kurang penting, bisa jadi kalau kamu kecanduan tuh.

2. Temukan solusi

Kamu kecanduan internet? Ini 5 cara mengatasinya!

Nah, ketika kamu sudah sadar kalau kamu mulai kecanduan internet, coba pikirkan bagaimana cara kamu bisa menghilangkan kecanduan itu. Misalnya, jika kamu merasa terlalu sering menghabiskan waktumu di sosial media, tindakan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus aplikasi sosial media dari ponsel kamu. Secara perlahan, kamu akan tahu cara untuk mengontrol dirimu dalam penggunaan internet.

3. Buat to-do list

Kamu kecanduan internet? Ini 5 cara mengatasinya!

Jika cara yang pertama dan kedua belum berhasil, kamu bisa buat rencana untuk dirimu. Dalam to-do listmu, tuliskan secara detail kapan kamu harus tidur, makan, melakukan aktivitas, dan sebagainya. Dan tentunya, jalani harimu berdasarkan to-do list yang kamu buat. selain bisa mengatasi kecanduan internet, hal ini juga bisa kamu lakukan untuk mengatur waktumu dengan baik.

4. Lebih banyak menghabiskan waktu diluar

Kamu kecanduan internet? Ini 5 cara mengatasinya!

Kamu bisa buat janji dengan teman-temanmu untuk jalan-jalan keluar, travelling, atau melakukan hal lain yang kamu sukai. Pokoknya, berusahalah membuat waktumu untuk tidak disia-siakan.

5. Kalau udah parah banget, pertimbangkan untuk berkonsultasi

Kamu kecanduan internet? Ini 5 cara mengatasinya!

Jika semua cara diatas gagal, dan kamu benar-benar gak bisa lepas dari yang namanya internet, cobalah untuk mendapatkan bantuan dari seorang profesional. Dengarkan dan lakukan apapun yang disarankan.