Memenuhi kebutuhan perusahaan akan tersedianya sumber daya yang berkualitas merupakan bagian dari tugas HR (Human Resources) yang mewujud dalam bentuk rekruitmen hingga negosiasi gaji. Tapi lebih dari pada itu seorang HR juga merupakan strategic partner yang juga ikut andil dalam memajukan sebuah perusahaan. Sebagai konsultan internal, seorang HR juga menilai kinerja para karyawan, melihat potensi yang ada, hingga memberikan pelatihan yang akan mengembangkan skill karyawan sehingga dapat lebih banyak berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan.

Mengingat pentingnya peran HR di dalam lingkup perusahaan, dan semakin kompleksnya permasalahan yang bisa ditimbulkan akibat perkembangan jaman, maka selain merancang pelatihan bagi level karyawan, sertifikasi khusus untuk HR Department pun sama pentingnya. Paling tidak terdapat tiga jenis sertifikasi yang dikenal dalam dunia HR dengan kekhususannya masing-masing.

1. Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)

Strategic Human Resources Management (Menyusun Strategi dan perencanaan pengelolaan SDM)
HR Planning, Recruitment & Selection (Merencanakan, mencari, memilih SDM berkualitas)
Organization Development, CBHRM & Organization Culture (Membangun organisasi yang efektif dan efisien)
Learning & Development (Mengelola proses pembelajaran dan pengembangan SDM)
Talent Management (Mengelola talenta agar meningkatkan pertumbuhan organisasi)
Career Management (Mengelola karir agar berkontribusi secara optimal)
Performance Management (Mengelola kinerja pekerja selaras dengan tujuan organisasi)
Total Rewards (Mengelola sistem penghargaan yang menarik, kompetitif, dan adil)
Industrial Relations (Mengembangkan hubungan industrial yang harmonis)
HR Services & HR Technology (Mengembangkan layanan administrasi dan sistem informasi manajemen SDM sesuai dengan kebutuhan organisasi)


2. Human Resources Business Professional (HRBP)

HR Administration
Recruitment & Selection
Employee Relations & Communication
Compensation & Benefits
Training & Development
Health, Safety & Security


3. Human Resources Management Professional (HRMP)

HR as a Business Leader
People Development & Talent Management
HR Service Delivery
Measurement

Di luar 3 jenis sertifikasi yang sudah disebutkan di atas, masih ada sertifikasi lainnya yang berlaku di luar negeri antara lain

Professional in Human Resources (PHR)
Sertifikasi ini ditujukan bagi para HR manajemen dan implementasi program yang sejalan dengan hukum dan aturan yang berlaku di wilayah Amerika dan selama tiga tahun sejak didapat. Ujian yang memakan waktu selama tiga jam ini meliputi perencanaan penerimaan tenaga kerja, hubungan antara pekerja dan buruh, kompensasi dan benefit, pengembangan HR, bisnis manajemen dan strategi, dan manajemen resiko. Anda paling tidak harus sudah berpengalaman satu tahun dibidang ketenagakerjaan.

Senior Professional in Human Resources (SPHR)
Serupa dengan PHR, hanya saja sertifikasi ini lebih fokus kepada strategi dan pembuatan kebijakan. Namun persyaratan yang dibutuhkan cukup ketat. Kandidat harus memiliki pengalaman profesional minimal 4 tahun dan gelar magister.

SHRM Certified Professional (SHRM-CP)
The Society for Human Resource Management, atau SHRM, menawarkan dua sertifikasi berdasarkan kompetensi yaitu the SHRM-CP and the SHRM-SCP (akan dijelaskan di poin berikutnya). SHRM-CP harus memahami impelemtasi kebijakan, stategi, dan service delivery.

Senior SHRM Certified Professional (SHRM-SCP)
SHRM-SCP bisa mengenali profesional dengan pengetahuan strategi HR yang tinggi. Khususnya bagaimana strategi bisa menyatu dengan cita-cita organisasi. SHRM-SCP bertindak sebagai leader dan berpengalaman dalam metrik performance karyawan dan kaitannya dengan Key Performance Indicator (KPI).

Baca juga: Kartu Kredit dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda