×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jeli melihat peluang, begini cara asyik bikin cafe unik

0

Ekonomi

Jeli melihat peluang, begini cara asyik bikin cafe unik

Daripada menghabiskan waktu untuk bayar minuman dan makanan di cafe, gimana kalau kamu membuat cafemu sendiri? Begini caranya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Setyawan

25 / 09 / 2019 17:55

 

Anak muda zaman sekarang atau anak muda kekinian suka dengan yang namanya kumpul sama temen, nongkrong elegan, ngopi cantik, dan kosakata keren lainnya. Tapi yang pasti tempatnya harus nyaman dan gak bikin kantong bulanan jebol.

Kafe atau bahasa aslinya cafe adalah salah satu tempat paling wahid pilihan anak muda. Dulu belum banyak tempat umum yang cozy buat ngumpul, bukan hanya kumpul temen tapi kumpul dengan keluarga. Taman, restoran, dan mall mungkin adalah pilihan konvensional buat kumpul-kumpul dengan orang yang kita sayangi.

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan dan keinginan publik, maka kita juga harus jeli melihat celah mana yang dapat digunakan untuk berbisnis. Nah, kalau sudah ngomong tentang bisnis, pasti anak-anak muda juga gak ingin ketinggalan. Selagi muda, toh kita menghasilkan sesuatu yang berharga.

Untuk masuk dalam industri kafe, pertama kita harus mempunyai konsep atau tema dasar tentang kafe itu. Misalnya hobi olahraga, kita bisa mengisi daftar nama menu kita dengan istilah yang dipakai dalam bidang sport. Misal kita suka dengan hal-hal yang berbau sirkus atau pasar malam, kita bisa membuat makanan minuman dengan model dan nama yang unik dan menarik.

Loading...

Nah, setelah tema dan konsep dasar sudah ada dalam bayangan, mulai meracik apa saja yang ada dalam daftar menu. Hal ini juga berhubungan dengan segmen pasar yang kamu bidik. Apakah anak muda yang menengah ke bawah, menengah, atau menengah ke atas.

Untuk menyiasati supaya kafe baru kamu ramai dan menarik minat pelanggan, sebaiknya pilih segmen pasar bawah hingga menengah. Isi pilihan menu dengan makanan berat secukupnya, minuman yang beraneka pilihan, makanan ringan yang unik, dan boleh saja jika kamu tambah dengan jajanan khas kafe kamu. Jadi menu tersebut bisa kamu jadikan menu andalan, ciri khas identitas kafemu.

Dalam usaha kafe, perlu kamu pertimbangkan juga harga yang kamu banderol untuk tiap hidangan. Pikirkan harga pokok produksinya dan margin keuntungan yang kamu inginkan, tentunya tidak terlalu menguras dompet pelangganmu.

Setelah mengisi daftar menu dengan pilihan yang menarik minat pelanggan, sekarang saatnya memberikan treatment buat pelanggan selama mereka menikmati hidangannya. Kamu bisa buat suasana sesuai tema yang telah dipilih. Misal tadi kita telah memilih tema sport, kamu bisa hias dinding dengan wallpaper tribun yang penuh dengan penonton, meja-meja yang berbentuk pola lapangan olahraga, menghias lantai layaknya sirkuit motoGP dan lain sebagainya. Atau jika memilih tema sirkus pasar malam, bisa hias dengan lampu kecil-kecil yang menggantung panjang melintang ruangan, penataan makanan minuman (platting) yang atraktif dan instagrammable.

Selain menyesuaikan perkakas dan suasana dengan tema yang dipilih, kamu bisa tambahkan wifi, acoustic perform, nonton bareng, atau bahkan acara formal yang semuanya itu bisa dijadwalkan selama satu bulan dan dilakukan lagi pada bulan berikutnya.

Semuanya sudah beres, makanan, minuman, tempat yang cozy, dan jadwal yang asyik. Tapi ada satu lagi hal penting buat kamu yang ingin buka usaha kafe, yaitu lokasi. Usahakan lokasi kafemu strategis. Maksudnya kafe kamu easy to looks, mudah dijangkau, dan memiliki lahan parkir yang aman dan memadai. Sayang kan kalau orangnya sudah nyaman tapi motor mobilnya gak aman?

Kamu di sini tidak bisa berusaha sendiri. Kamu bisa ajak pelanggan ikut mempromosikan dan menyebarluaskan kafemu. Buat sebuah event tertentu yang menggunakan social media karena zaman sekarang sosmed gampang buat dijadikan sarana penyebaran informasi. Kamu bisa bikin lomba foto, lomba akustik atau hal-hal lain yang sifatnya fun. Pokoknya bikin pelanggan enjoy di kafemu.

Nah, gimana ya modalnya? Inilah hal yang sering membuat calon businessman muda mengurungkan niatnya membukan usaha. Kamu bisa mulai dengan tabungan sendiri. Selain itu juga bisa patungan. Jadi bisnis ini adalah bisnis bersama dengan temen-temen yang bisa kamu percaya jadi partner bisnis.

Setelah kamu rasa bisnis ini bisa menjadi besar, mulailah masuk ke bank dan bertanya mengenai pinjaman bagi UMKM. Proses pengajuan bagi UMKM merupakan program pemerintah yang paling baru supaya masyarakat memiliki permodalan yang baik bagi usahanya sendiri. Dengan begitu, working capital atau finansial untuk kegiatan operasi bulanan terjamin.

Sekarang kamu tinggal menjalankannya dengan hati yang senang. Jika pada awal usaha kamu bekerja sendiri dengan bantuan beberapa teman, maka seiring dengan berkembangnya kafe kamu bisa pekerjakan beberapa pelayan baru sehingga tidak perlu memeras keringat sendiri. Ini berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia dalam kafemu saat ini.

Jika bingung dengan aktivitasmu yang sibuk seharian dan kini harus ngurus kafe juga, kamu bisa atur kapan jam buka dan tutup kafemu. Usahakan kasih satu jam awal untuk persiapan kafe. Pilih orang-orang andalan yang bisa kamu ajak kerjasama. Ini penting supaya usahamu berjalan lancar.

Satu hal penting sebelum memulai bisnis ini, pastikan restu dan doa dari orang-orang yang kamu sayangi terlayangkan, seperti ayah, ibu, keluarga, pacar, teman dan orang-orang yang kamu sayang lainnya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red