Seberapa rutin kamu menjaga kondisi cairan tubuhmu?

Cairan tubuh tidak hanya dibutuhkan oleh organ-organ vital seperti jantung, hati dan ginjal, tapi juga kulit. Karena, apabila kekurangan cairan, kulit akan mengalami gangguan pula. Jangan lupa, kulit cantik bisa dimiliki oleh siapa saja, tapi tidak semua orang berusaha merawatnya agar terhindar dari dehidrasi. Nah, menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam menjaga faktor pelembap alami kulit.

Jangan abaikan jika kulitmu mengalami 4 hal ini

Kekurangan cairan tubuh akan memberikan dampak pada kulitmu dan membuat sedikit masalah. Apa saja tanda-tanda yang muncul pada kulitmu bila sedang kekurangan cairan? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Mata Berkantung

Jangan abaikan jika kulitmu mengalami 4 hal ini

(Image source: cosmeticeye)

Mata berkantung tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur atau terlalu banyak mengonsumsi garam, tapi juga karena kekurangan cairan. Nah, bila kantung matamu agak bengkak, bisa jadi itu berarti tubuhmu sedang kekurangan cairan di organ-organ vital dan menyisakan cadangan cairan di tempat-tempat yang tidak begitu vital seperti kantung mata. Jadi, bila kantung matamu terasa bengkak dan berkerut, itu adalah tanda bahwa tubuhmu sedang menyerap cairan yang tersisa untuk dialirkan ke organ vitalmu.

2. Kulit Kering

Jangan abaikan jika kulitmu mengalami 4 hal ini

(Image source:kinimall.co.id)

Pada lapisan epidermis kulit terdapat 4 jenis lapisan sel-sel kulit yang berperan menjaga elastisitas kulit, salah satunya yaitu dengan memproduksi faktor pelembap alami (Natural Moisturzing Factor)yang bertugas untuk menjaga kadar cairan pelembap kulit. Pelembap alami kulit ini sangat bergantung pada kelembapan lingkungan sekitar. Jadi, saat kadar cairan tubuh kurang dari 10 persen permukaan kulit akan menjadi kering.

3. Gatal

Jangan abaikan jika kulitmu mengalami 4 hal ini

(Image source: Washington Univ in St Louis)

Rasa gatal atau iritasi ringan bukan hanya disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur, tapi juga karena dehidrasi. Kulit kering karena dehidrasi akan mudah terkena gatal-gatal atau iritasi, bahkan terkelupas.

4. Komedo

Jangan abaikan jika kulitmu mengalami 4 hal ini

(Image source: adobeai)

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak alami, salah satu tanda bahwa kamu kekurangan cairan adalah dengan mengecek komedo di bagian wajahmu. Saat kekurangan cairan, kulitmu akan mengaktifkan mekanisme pertahanan untuk menjaga kelembapan kulit yaitu dengan secara otomatis mengirimkan sinyal ke kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banya kminyak. Karenanya, komedo pun akan menjadi lebih banyak dan lebih mudah keluar.

Oleh karena itu, agar kulit tetap cantik dan sehat secara alami, selalu penuhi kebutuhan cairan harianmu ya.