×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

0

Jalan-Jalan

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Negara-negara ini punya perbedaan rentang waktu antara siang dan malam yang cukup ekstrem.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Iwan Yulianto

30 / 04 / 2020 17:33

Sebagai umat Islam tentu kamu tahu arti puasa. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Durasi waktunya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dengan syarat-syarat tertentu, sebagai wujud keimanan sebagai seorang muslim.

Berbicara soal durasi waktu berpuasa, kamu patut lebih bersyukur hidup sebagai warga negara dan tinggal di Indonesia karena memiliki pergantian waktu yang sangat seimbang, 12 jam siang dan 12 jam malam. Sehingga memudahkan dalam menentukan waktu sahur, imsak, sampai waktu berbuka puasa.

Kondisi tersebut sangat jauh berbeda pada negara-negara yang mengalami iklim empat musim. Pasalnya kondisi tersebut juga memengaruhi kondisi siang dan malam. Ada yang mengalami siang hari selama 24 jam saat awal bulan Mei hingga akhir bulan Juli, bahkan ada yang siang harinya hanya berlangsung selama 2 jam saja. Dan sudah tentu kondisi-kondisi tersebut akan memengaruhi durasi waktu berpuasa di negara-negara tersebut.

Berikut adalah deretan negara-negara yang akan membuatmu kebingungan dalam menentukan kapan saatnya untuk berbuka puasa.

1. Norwegia.

Loading...

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Midnight_sun

Negara yang pernah menduduki peringkat pertama sebagai negara paling makmur pada tahun 2014 ini ternyata juga memiliki predikat sebagai negara yang memiliki perubahan musim cukup ekstrem. Saat musim panas, yang berlangsung selama dari bulan Mei sampai bulan Juli, di beberapa kota di Norwegia selalu mengalami sebuah fenomena alam bernama Midnight Sun. Saat itu matahari tetap bersinar meski waktu sudah menunjukkan tengah malam di negara tersebut. Bahkan di Hammerfest, salah satu kota di Norwegia mengalami siang hari selama 24 jam. Hmm…Kebayang nggak puasa di sana bagaimana rasanya?

2. Islandia.

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto: https://www.saga.co.uk/magazine/travel/world-events-directory/the-midnight-sun-in-iceland

Meski dikenal dengan negara yang penuh dengan pemandangan indah, Islandia juga merupakan negara yang mengalami Midnight Sun. Karena letaknya yang sangat dekat dengan Kutub Utara, Islandia juga mengalami perubahan musim yang ekstrem, bahkan lebih ekstrem dari Norwegia. Pasalnya di mana ketika musim panas berlangsung, matahari seolah tidak pernah terbenam, benar-benar bersinar selama 24 jam. Begitu pun sebaliknya, ketika musim dingin Islandia akan benar-benar gelap selama 24 jam.

Awal bulan Juni, matahari hanya terbit selama 3 jam saja. Sedangkan untuk siang terpendek terjadi pada bulan Desember yakni berlangsung selama 2 jam saja. Hmm… Enak nggak enak sih puasa di sana!

3. Kanada.

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto: https://inuvikphil.wordpress.com/2012/07/21/midnight-sun-fun-run-2012-part-1/

Pencinta drama Korea tentu tidak asing dengan negara ini. Kanada adalah salah satu negara yang menjadi lokasi syuting drama Korea yang sempat hits sepanjang tahun 2017 lalu, yaitu Guardian: The Lonely and Great God atau lebih sering disebut dengan Goblin. Namun tak jauh berbeda dengan Norwegia dan Islandia, Kanada juga merupakan negara yang mengalami fenomena alam Midnight Sun. Bahkan di Inuvik dan Northwest Territories selalu diselenggarakan festival Midnight Sun Fun Run. Tapi tentu kita akan kesulitan untuk mengadakan festival buka puasa bersama di sana, bukan?

4. Alaska.

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto: https://www.boredpanda.com/65-days-without-sun-utqiagvik-barrow-alaska

Alaska merupakan salah satu negara ‘beku’ di antara negara-negara bagian (States) yang ada di Amerika lainnya. Suhu terendah di negara ini bisa mencapai -60 derajat. Kota Utqiagvik, kota yang terletak di bagian paling utara di Alaska ini bahkan mendapat julukan kota tanpa siang hari.

Di kota ini kamu tidak bisa menikmati sinar matahari selama 65 hari, mulai dari pertengahan bulan November sampai akhir bulan Januari. Fenomena tanpa siang hari ini biasa disebut dengan istilah Civil Twilight. Kayaknya menu buka puasa seperti es buah segar, es pisang ijo, dan aneka kolak tidak akan laku di sana.

5. Swedia.

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto https://visitsweden.com/where-to-go/northern-sweden/swedish-lapland/midnight-sun-and-northern-lights-swedens-natural-phenomena/

Kondisi iklim dan musim negara Swedia tak jauh berbeda dengan negara tetangganya, yaitu Norwegia. Di negara ini siang hari bisa berlangsung selama 23 jam dan hanya mengalami gelap selama 30 menit saat musim panas. Masyarakat di beberapa kota di Swedia bahkan dengan sengaja menggelapkan rumah mereka selama mungkin untuk membuat rumah terasa seperti malam hari, sehingga mereka bisa cukup beristirahat. Apakah mungkin mereka juga melakukan hal yang sama saat hendak bersantap sahur?

6. Finlandia.

Jalani puasa di 6 negara ini bikin keder mikirin waktu berbukanya

Foto: https://www.visitfinland.com/article/land-of-the-midnight-sun/#d631064a

Negara yang menjadi sorotan dunia karena posisinya sebagai negara dengan pendidikan tertinggi di dunia ini juga tak ubahnya seperti negara-negara bagian utara Eropa lainnya yang berada di lingkar kutub. Di musim panas ini matahari nyaris tak pernah terbenam. Luar biasanya, banyak muslim di sana benar-benar menjalankan puasa selama lebih dari 23 jam. Berbuka puasa sekaligus santap sahur.

Itulah deretan negara-negara yang akan bikin kamu keder kapan saatnya berbuka puasa dan bagaimana menentukan waktu untuk sahur. Tertarik untuk tinggal di sana?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red