×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jalan-jalan murah dari Jakarta ke Bandung, cuma bermodal Rp 14 ribu

0

Jalan-Jalan

Jalan-jalan murah dari Jakarta ke Bandung, cuma bermodal Rp 14 ribu

Dengan ongkos yang sangat murah, perjalananmu akan disuguhi pemandangan indah yang menyejukkan mata.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bagaskara

08 / 05 / 2020 15:15

Bandung adalah salah satu destinasi utama bagi warga Ibu Kota untuk menghilangkan penat yang dirasakan selama berada di Jakarta. Lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh, akses yang mudah, serta pilihan destinasi yang banyak, mulai dari wisata alamnya yang melimpah, hingga wisata kuliner dan pusat perbelanjaannya yang terkenal menjadi sebab utama Bandung sering dipilih sebagai tujuan wisata bagi warga Ibu Kota.

Untuk menuju Bandung sendiri, dari Jakarta sangat banyak transportasi yang bisa dipilih. Seperti kendaraan pribadi dan bagi yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, mobil travel, pesawat, atau dengan kereta api. Perjalanan dengan kereta api sendiri umumnya yang diketahui banyak orang adalah dengan menaiki Argo Parahyangan dari stasiun Gambir Jakarta menuju Bandung. Tiket per orangnya pun dibanderol dengan harga Rp 80 ribu untuk kategori ekonomi.

Namun, ada cara murah yang dapat dilakukan apabila hanya memiliki bujet yang tidak banyak untuk pergi ke Bandung. Dengan ongkos hanya Rp 14 ribu saja kamu sudah dapat sampai di kota Bandung dari Jakarta. Caranya dengan naik kereta api lokal. 

Jalan-jalan murah dari Jakarta ke Bandung, cuma bermodal Rp 14 ribu

Foto: Wikipedia.org

Loading...

Hanya dengan Rp 14 ribu kamu dapat sampai di Bandung, yaitu dengan menaiki dua kereta dengan rincian biaya sebagai berikut:

1. KA Lokal Walahar Ekspress dengan tujuan dari Jakarta ke Purwakarta seharga Rp 6 ribu;

2. KA Lokal Cibatu dengan tujuan dari Purwakarta ke Garut seharga Rp 8 ribu.

Jadi, total ongkos menuju Bandung hanya Rp 14 ribu. Namun memang dalam perjalanan ini kamu harus transit di Purwakarta kemudian baru dapat menaiki kereta selanjutnya menuju Bandung.

Ada sedikit tips yang perlu kamu perhatikan.

Jika dari Jakarta, pertama-tama kamu dapat menuju Stasiun Tanjung Priok atau Stasiun Kemayoran karena kereta lokal ini berangkat dari Stasiun Tanjung Priok. Datanglah cukup pagi ke Stasiun Tanjung Priok karena loket tiket akan dibuka satu jam sebelum kereta berangkat. Biasanya yang mengantre cukup ramai karena kereta ini menjadi alternatif yang sering digunakan untuk para pedagang dari atau yang ingin ke arah Cikampek.

Kereta lokal ini sendiri gerbongnya seperti kereta ekonomi biasanya dengan kursi berhadapan. Kamu pun bebas untuk memilih di mana akan duduk.

Setelah sampai di Purwakarta, kereta selanjutnya baru ada sekitar dua jam. Jadi kamu harus menunggu sekitar dua jam untuk meneruskan ke perjalanan berikutnya. Waktu dua jam ini dapat kamu manfaatkan untuk menikmati kuliner di sekitar Stasiun Purwakarta atau melihat 'Kuburan Kereta' yang ada di Stasiun Purwakarta. Di mana kamu bisa melihat kereta ekonomi Jabodetabek yang dahulu beroperasi ditumpuk di sini. Kereta Lokal Cibatu akan berangkat pukul 15.45 WIB dan akan sampai di Bandung beberapa jam kemudian sekitar pukul 7 atau 8 malam.

kuburan kereta

Kuburan Kereta di Stasiun Purwakarta / Foto: Wikipedia.org

KA Lokal Cibatu ini sendiri tujuan akhirnya adalah Stasiun Cibatu, Garut. Jadi cara ini juga dapat menjadi cara alternatif untuk digunakan menuju Garut. 

Salah satu kekurangan dalam perjalanan ini adalah lama waktu tempuh menuju Bandung yang mana cukup lama. Namun bagi kamu yang menyukai perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan indah yang menyejukkan mata.

Begitulah salah satu cara murah bagi kamu yang ingin berlibur ke Bandung dengan bujet minim. Hanya dengan Rp 14 ribu sudah dapat sampai di Bandung dari Jakarta. Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensimu. Selamat berlibur!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red