×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jaga imunitas tubuh saat pandemi dengan minum jahe merah, ini caranya

0

Kesehatan

Jaga imunitas tubuh saat pandemi dengan minum jahe merah, ini caranya

Pada masa pandemi Covid-19 dan musim hujan seperti ini, jahe merah bisa menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Indah Ayu Fadillah

11 / 12 / 2020 10:20

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Pemerintah telah menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Hal ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai virus Corona tersebut. Selain menerapkan protokol kesehatan tersebut, pemerintah juga mengimbau para masyarakat untuk mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga.

Selain meminum vitamin, ada minuman herbal berasal dari rempah yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit atau virus. Rempah tersebut ialah jahe merah.

Saat ini jahe merah termasuk rempah-rempah yang banyak dicari masyarakat untuk dikonsumsi karena diketahui rebusan jahe merah memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

- Menjaga daya tahan tubuh.

Loading...

- Menjaga dan mengobati flu.

- Mengobati peradangan.

- Menghilangkan pegal-pegal dan nyeri otot.

- Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

- Meredakan rasa mual.

- Khusus wanita bisa mengurangi nyeri saat haid.

Hal ini disebakan karena jahe merah memiliki rasa panas dan pedas yang lebih ketimbang jahe biasa jika kamu meminum air rebusan jahe merah tersebut. Warna merah pada kulit jahe tersebut dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh karena kulitnya memiliki kandung antosianin. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada pada jahe merah.

1. Antosianin.

Antosianin adalah zat yang memberikan warna merah pada jahe merah. Zat antosianin yang terkandung pada jahe merah bermanfaat untuk menaikkan kadar inflamasi yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit, seperti Covid-19.

2. Gingerol.

Zat ini bermanfaat untuk memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga mampu mencegah atau mengobati gejala flu seperti deman, batuk, dan pilek.

3. Minyak Atsiri.

Rasa pedas pada minyak ini mampu mengobati batuk berlebih.

4. Phenolic.

Zat ini berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan dan bisa meredakan nyeri pada perut.

5. Zingeron.

Zat ini mampu untuk menghambat terjadinya peradangan pada tubuh, seperti nyeri otot.

Jahe merah boleh dikonsumsi oleh tubuh setiap hari karena bahannya yang alami dan mempunyai berbagai macam manfaat. Walaupun jahe merah dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Justru jika dikonsumsi secara rutin tubuh akan tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan imun tubuh selalu dalam keadaan yang baik agar tidak mudah tertular Covid-19.

Adapun cara pembuatan jahe merah untuk bisa kamu nikmati adalah sebagai berikut:

Bahan:

- 1 ruas jahe merah.

- 4 gelas air mineral.

Bahan tambahan:

- 4 sdm susu kental manis.

- 1 sdm madu.

Cara membuat:

1. Cuci jahe merah hingga bersih (pastikan jahe benar-benar bersih dan tidak ada tanah yang tersisa) dan kupas kulit jahe merah.

2. Potong atau iris jahe merah sehingga menjadi potongan kecil.

3. Taruh jahe merah di pada panci (usahakan panci tidak terbuat dari stainless, melainkan dari teflon atau enamel agar bisa menghasilkan sari jahe merah yang baik). Setelah itu masukkan empat gelas air mineral dan masak jahe merah dengan api sedang.

4. Masak hingga mendidih dan airnya tersisa dua gelas saja. Jika sudah, diamkan sebentar agar sari jahe keluar.

5. Tuangkan air rebusan jahe merah tersebut pada gelas. Air jahe pun bisa dinikmati. Kamu bisa menambahkan susu kental manis atau madu sebagai pemanis.

Dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dan rajin meminum rebusan jahe merah, kamu dapat mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 tersebut. Kamu juga dapat terhindar dari penyakit-penyakit lainnya kerena daya tahan tubuhmu yang baik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red