×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jadi ramuan sebaguna, 11 manfaat baking soda ini tak banyak diketahui

0

N/A

Jadi ramuan sebaguna, 11 manfaat baking soda ini tak banyak diketahui

Gambar oleh Evita Ochel dari Pixabay

Ambil manfaat dari baking soda yang biasanya tersedia di dapur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ALINE

22 / 07 / 2019 13:10

Baking soda merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menyerap bebauan dari dalam kulkas. Caranya cukup diletakkan pada piring kecil atau wadah apapun. Hasilnya luar biasa lho. Tapi biasanya para ibu mencampurnya juga dengan adonan kue atau roti untuk mendapatkan hasil yang mengembang sempurna.

 

yours.co.uk

Namun, baking soda (soda kue) alias sodium bikarbonat yang biasa dicampurkan ke dalam adonan roti dan kue ini (harap bedakan dengan baking powder untuk melembutkan kue), ternyata punya manfaat lebih banyak lagi sehingga layak untuk disimpan sebagai ramuan serbaguna, untuk merawat kesehatan, kebugaran, bahkan sebagai pengganti kosmetik.  

Apa sajakah manfaat dan khasiatnya? Mari kita lihat berikut ini, sebagaimana dilansir dari situs webMD.com (8/18).

Loading...

1. Memutihkan gigi.

Baking soda sudah lama dikenal sebagai bubuk untuk menghilangkan plak pada gigi. Plak membuat gigi berwarna kekuningan, jadi bisa mengurangi aura kecantikan. Terutama bagi para perokok. Dari waktu-ke waktu timbunan plak yang bercampur dengan tartar (dari asap rokok) akan menghasilkan lapisan kotor yang bisa merusak gusi. Sikatlah gigi secara teratur dan bubuhkan baking soda pada sikat gigi atau pasta gigi sebelumnya.

2. Sebagai obat kumur (mouthwash).

Gunakan baking soda untuk berkumur setelah makan makanan yang beraroma tajam (misalnya bawang putih). Cukup satu sendok teh baking soda dicampur setengah gelas air. Obat kumur sederhana ini lebih ampuh dari kebanyakan mouthwash yang ada dipasaran.

3. Sebagai deodoran.

Baking soda bisa menetralkan bau tubuh yang menyengat dan menyerap keringat. Bubuhkan secukupnya pada ketiak di pagi hari setelah mandi. Lebih praktisnya, gunakan deodoran yang sudah mengandung baking soda. Saat ini sudah banyak produk deodoran yang mengandung baking soda di dalamnya.

4. Meringankan kerja ginjal.

Organ ginjal bertugas membuang kelebihan air dan tumpukan racun dari dalam tubuh. Bagi yang mengalami gangguan ginjal (disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang sejenis), maka racun (berupa asam) bisa tertimbun dalam tubuh. Sodium bikarbonat bisa menurunkan kadar asam tersebut sehingga meringanka kerja ginjal. Zat ini juga mampu memperlambat pengeroposan tulang dan otot pada tubuh. Mintalah petunjuk dokter sebelum menggunakannya sebagai terapi.

5. Bisa melawan kanker dan efek kemoterapi.

Di ruang UGD rumah sakit pasti tersedia sodium bikarbonat (biasanya bentuk infusan) untuk mengatasi serangan jantung, keracunan, dan banyak kasus lainnya. Zat ini juga dapat melawan efek pengobatan kemoterapi pada kanker. Beberapa penelitian membuktikan kemampuan sodium bikarbonat dalam menurunkan kadar asam tubuh bisa memperlambat perkembangan tumor tertentu.

6. Mengobati gangguan ringan pada kulit.

Gatal karena gigitan serangga, terkena getah tanaman yang gatal, dan keluhan sejenisnya dapat diatasi dengan baking soda. Caranya, campurkan 3 bagian baking soda dengan satu bagian air. Ratakan pada kulit yang terkena gatal, kemerahan, atau teriritasi tadi dan biarkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan air. Cara lain, rendam bagian tubuh yang terkena (jika luas) dengan campuran setengan cangkir baking soda dan air yang cukup untuk merendam.

7. Menyerap kelebihan asam dari lambung.

Sodium bikarbonat dapat menetralisir kelebihan asam pada lambung yang naik kerongkongan, terus ke mulut. Biasanya gejala ini terjadi setelah makan (gejala kembung). Yang bentuk tablet tersedia di pasaran, biasaya disebut sebagai obat maag atau antasid. Tapi untuk berjaga-jaga dirumah, bisa juga digunakan setengah sendok teh baking soda dilarutkan dengan setengah cangkir air.

8. Untuk membersihkan wajah (facial cleanser).

buahhatiku.com

Baking soda bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan wajah. Sifatnya yang lembut menjadikannya aman bagi kulit wajah yang halus. Buatlah pasta baking soda dengan mencampur tiga bagian baking soda denga tiga bagian air. Usapkan lembut pada wajah sambil memijat, kemudian bilas dengan air.

9. Membuat rambut bersih bercahaya.

Campurkan satu sendok teh baking soda dengan sampo yang biasa digunakan. Campuran ini mampu menghilangkan lapisan kotoran dari spray, gel, kondisioner dan produk-produk rambut lainnya yang mengendap di rambut. Rambut akan jadi bersih cemerlang dan mudah diatur.

10. Melembutkan kulit.

walmart.com

Campurkan setengah camgkir baking soda ke dalam air untuk mandi. Zat ini akan menetralisir asam, melarutkan minyak dan keringat, sehingga kulitmu jadi sehalus sutra.

11. Membersihkan perabot dan mainan anak.

Gunakan saja baking soda untuk membersihkan perabot dan mainan yang umumnya digunakan oleh anak-anak. Ini lebih aman daripada menggunakan produk pembersih, yang mungkin saja mengandung racun. Untuk menghilangkan bakteri, campurkan dengan sedikit cuka. Lalu bilaslah dan keringkan.

Jadi, jangan ragu lagi. Sediakan soda kue atau baking soda di kotak P3K-mu sekarang.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red