Dalam dunia fotografi ada banyak sekali istilah yang biasa dipakai oleh para fotografer, namun setidaknya ada 10 istilah dalam fotografi yang wajib diketahui dan dikuasai oleh para pemula.

1. Aperture (Bukaan Lensa)

Aperture berguna untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk kedalam kamera, seperti mata kita, ketika kita membuka mata sedikit maka sedikit pula cahaya yang masuk ke mata kita. Sama halnya dengan kamera, semakin kecil pembukaannya semakin sedikit pula cahaya yang masuk dan sebaliknya. Istilah aperture juga disebut f/stops, misalnya f/4 dan f/5.6 yang diukur dengan membagi focal length lensa dengan diameter aperture.Jadi, f/11 pada lensa dengan focal length 110mm berarti bukaan lensanya sebesar 10mm. Semakin besar bukaannya, semakin rendah angka f-nya, dan semakin banyak cahaya yang masuk melalui lensa. Jadi, f/8 akan memasukkan cahaya setengah dari f/5.6 dan 2 kali lebih banyak daripada f/11.

2. Autofokus

10 Istilah fotografi yang wajib kamu ketahui

source:pinterest

Autofokus adalah cara menentukan titik fokus secara otomatis pada kamera. Artinya lensa kamera akan secara otomatis mendeteksi objek yang akan dibidik. Biasanya dilambangkan dengan huruf AF yang tombolnya terletak pada pangkal lensa.

3. Shutter Speed

10 Istilah fotografi yang wajib kamu ketahui

source:pinterest

Shutter Speed artinya kecepatan kamera untuk menangkap objek yang dibidik. Shutter speed bisa diatur menjadi cepat ataupun lambat, tergantung objek yang akan difoto. Semakin cepat shutter speed, maka semakin beku foto tersebut, semakin pelan shutter speed, semakin shake foto tersebut.

4. Blur

10 Istilah fotografi yang wajib kamu ketahui

source:pinterest

Blur atau yang lebih dikenal dengan istilah Bokeh artinya bagian yang tidak tajam pada sebuah objek foto akibat gerakan kamera atau objek saat exposure. Penggunaan mode ini biasanya diterapkan pada foto portrait sehingga hasilnya lebih kreatif.

5. Exposure

10 Istilah fotografi yang wajib kamu ketahui

source:pinterest

Exposure adalah jumlah cahaya yang masuk melalui lensa dan sampai ke sensor kamera. Exposure lebih dikenal dengan segitiga yang merupakan gabungan dari Aperture (bukaan lensa), Shutter Speed (lamanya cahaya yang terekam oleh sensor kamera) dan ISO (kepekaan sensor kamera atau film terhadap cahaya).

6. ISO

ISO adalah ukuran sensitivitas sensor kamera/film terhadap cahaya. Makin tinggi ISO, akan semakin sensitif sensor/film tersebut terhadap cahaya.

7. Grain

Grain adalah penampakan titik-titik halus pada foto, biasanya akibat pemotretan menggunakan ISO yang terlalu tinggi pada saat cahaya redup. Salah satu tips untuk menghindari grain adalah dengan memakai penerangan yang cukup dalam memotret.

8. Sharpness

Sharpness artinya ketajaman gambar, yang sangat menentukan bagaimana detail-detail yang ada dalam sebuah foto bisa terlihat. Sharpness sangat tergantung pada pengaturan dan bawaan kamera. Tetapi saat ini sharpness bisa diatur sendiri melalui software editing seperti Snapseed atau Adobe Lightroom.

9. Flash

10 Istilah fotografi yang wajib kamu ketahui

source:pinterest

Flash adalah lampu yang terletak dibagian atas kamera. Kegunaan dari flash ini adalah untuk memberikan cahaya pada objek foto yang kurang pencahayaan, misalnya pada malam hari atau tempat gelap. Namun sekarang ini banyak diterapkan trik penggunaan flash pada objek saat siang hari yang justru membuat foto semakin menarik.

10. Viewfinders

Viewfinders merupakan bagian dalam kamera yang berfungsi bagi pengguna untuk melihat objek yang akan difoto. Pada saat memotret, pengguna meletakkan matanya pada jendela untuk melihat objek.