×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inspiratif, 5 tindakan baik Andy Karyasa ini patut kamu tiru

0

Sosok

Inspiratif, 5 tindakan baik Andy Karyasa ini patut kamu tiru

Andy Karyasa merupakan sosok inspiratif asal Bali. Ia adalah pendiri Yayasan Relawan Bali Andy Karyasa Wayan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

I gede arnadi

04 / 12 / 2021 12:03

Berbicara tentang sosok pahlawan, siap yang pertama ada dalam benakmu? Seseorang yang wafat di medan perang? Seseorang yang berjasa mencerdaskan banyak orang? Seorang pemimpin yang jujur dan berkarisma? Atau seseorang yang berkontribusi banyak untuk sesama meskipun bukan pemimpin negara apalagi jutawan? 

Semua jawaban di atas benar semua. Namun di era sekarang menjadi pahlawan kemanusiaan dan berkontribusi banyak bagi sesama meski bukan berasal dari latar belakang ekonomi yang berlebihan, tentu juga menjadi poin plus. Salah satunya adalah Andy Karyasa, sosok relawan asal Bali yang banyak dikagumi. Mari berkenalan dengan Andy Karyasa dan berbagai tindakan baiknya yang bisa kita contoh. 

1. Tidak menunggu kaya untuk membantu sesama.

Andy Karyasa lahir bukan dari latar belakang keluarga yang berada, apalagi konglomerat. Namun ia berkontribusi terhadap sesama yang termarjinalkan, terhadap orang-orang yang nasibnya kurang beruntung, tuna grahita, putus sekolah, dan orang yang berada dalam kondisi kemiskinan.  

Ia memulai gerakan pedulinya sejak tahun 2005 dengan kolektif mengumpulkan sisa gajinya dan teman-teman kerjanya tiap akhir bulan, yang ternyata berdampak besar untuk kehidupan banyak orang. Dari sinilah cikal bakal yayasan kemanusiaan Relawan Bali Andy Karyasa Wayan lahir. 

Loading...

Dari gerakan kecil yang hanya sanggup mengumpulkan nominal yang masih puluhan ribu rupiah, kini berhasil mengumpulkan donasi hingga miliaran rupiah untuk disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan di Bali dan sekitarnya. Tak terhitung lagi berapa bedah rumah yang sudah dirampungkan dan berapa jumlah anak atau keluarga yang terselamatkan dari putus sekolah dan kemiskinan yang membelengu. Berkat gerakan tersebut dan bantuan dari donatur serta relawannya, ibarat oase yang sanggup mengubah dunia.

2. Hidup adalah tentang berguna bagi sesama.

Bagi sebagian orang, barometer kebahagiaan adalah uang atau materi, hidup bergelimang harta, mobil dan rumah yang mewah, atau jabatan yang mentereng. Namun berbeda dengan definisi bahagia bagi Andy Karyasa, bahagia adalah ketika bisa melakukan hal yang dianggap kecil atau remeh bagi orang lain namun sebenarnya berdampak besar. Salah satunya dengan mendirikan Yayasan Relawan Bali ini. Melalui yayasan ini, secara tidak langsung Andy turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengentaskan angka kemiskinan. 

3. Belajar untuk lebih banyak bersyukur.

Masihkah kamu sering mengeluh dengan lauk yang itu-itu saja? Atau menggerutu karena macet di jalanan dan pusingnya memikirkan deadline tugas menumpuk di kantor?

Jika iya, coba ikuti kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman di Relawan Bali ini. Melalui postingan di media sosial Andy, kamu akan malu untuk mengeluh dan akan digantikan oleh rasa syukur yang mendalam. Bahwa kehidupanmu adalah impian bagi banyak orang. 

4. Talk less, do more.

Di dunia ini sudah terlalu banyak orang pintar, namun pintar saja tidak cukup. Bahkan para pemimpin banyak yang lihai mengumbar janji manis, tapi "jauh panggang dari api" dalam eksekusinya.

Melalui sosok Andy Karyasa, kamu akan melihat bahwa di balik pribadinya yang kalem dan sangat sederhana, ia sudah menunjukkan dengan tindakan nyata atas pencapaian yang luar biasa tentang kepeduliannya terhadap sesama.

5. Tidak semua hal baik juga ditanggapi dengan baik oleh orang lain. 

Dalam menjalankan misi kemanusiaannya, ada saja segelintir orang yang merasa terusik, merasa terganggu dengan aktivitasnya. Memang tidak semua hal baik akan ditanggapi baik, namun yang perlu kamu yakini ialah bahwa kebaikan sekecil apa pun itu akan sangat berguna bagi sebagian orang.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu kegiatan dari Andy Karyasa, silakan ikuti aktivitasnya dalam melakukan misi kemanusiaan di Facebook dan Instagram Andy Karyasa. Kamu juga bisa ikut berkontribusi atau berdonasi untuk men-support kegiatannya. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red