Ibu mana yang tak ingin bayi yang dilahirkannya normal dan selamat. Tampaknya nasib belum berpihak kepada ibu yang satu ini, bayi yang dia lahirkan sungguh tak pernah terbanyangkan sebelumnya sebab kaki bayi tersebut mirip dengan putri duyung seperti dalam film-film kartun.

Lahir dengan kelainan genetik, bayi ini kakinya mirip putri duyung Foto: India.com

Kejadian ini terjadi di India Timur, tepatnya di Rumah Sakit Chittaranjan Deva Sadan. Dokter pun tak dapat memastikan jenis kelamin sang anak dikarenakan panggul serta kaki kanan dan kirinya menyatu membentuk bentuk seperti ekor ikan duyung. Hal ini merupakan kali kedua yang terjadi di India. Kelainan ini disebut sebagai sirenomelia atau 'sindrom putri duyung'.

Lahir dengan kelainan genetik, bayi ini kakinya mirip putri duyung
Foto: Dailymail.co.uk

Sang ibu mengaku tak pernah melakukan USG ketika kehamilannya sehingga ia tak pernah mengetahui bagaimana kondisi bayi tersebut.

Lahir dengan kelainan genetik, bayi ini kakinya mirip putri duyung

Foto: Dailymail.co.uk

Sindrom putri duyung merupakan kelainan genetik yang langka. Peneliti tidak tahu pasti penyebab sirenomelia. Namun, mereka percaya bahwa faktor lingkungan dan genetik mungkin berperan dalam perkembangan gangguan ini.

Sebagian besar bayi yang lahir dengan Sindrom ini meninggal dalam waktu dekat. Begitu pun bayi ini, ia meninggal setelah 4 jam dilahirkan.