Tumor tulang adalah kondisi di mana terdapat jaringan atau benjolan yang terbentuk akibat sel-sel yang ada pada tulang tumbuh secara abnormal. Benjolanakibat tumorini dapat tumbuh di bagian tulang mana pun, namun umumnya kondisi ini ditemukan di tulang panggul dan tulang-tulang panjang di lengan dan kaki, terutama pada bagian lutut.

Pada sebagian besar kasus, tumor yang tumbuh di jaringan tulang bersifat jinak, itu artinya tumor tersebut tidak bersifat kankerdan tidak berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Akan tetapi, bukan berarti kondisi ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada tulang. Pasalnya, tumor tulang juga dapat membuat struktur tulang yang terdampak melemah sehingga menyebabkan tulang cenderung lebih rentan ketika terjadi benturan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyebab dan gejala tumor tulang, ada baiknya jika kamu mengetahui jenis tumor tulang.

1.Tumor tulang jinak.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tumor tulang yang terjadi umumnya merupakan tumor tulang jinak. Jenis tumor tulang ini cenderung lebih mudah diatasi, seperti melalui prosedur operasi pengangkatan tumor. Jenis tumor tulang jinak antara lain:

- Osteokondroma

- Enkondroma

- Tumor sel raksasa

- Nonossifying fibroma unicameral

- Displasia fibrosa

- Kista aneurisma tulang

2.Tumor tulang ganas.

Selain tumor tulang jinak, ada beberapa jenis kanker yang menyebabkan munculnya tumor ganas di tulang. Diantaranya adalah osteosarkoma, sarkoma Ewing, dan kondrosarkoma.

Penyebab tumor tulang.

Penyebab dari tumor tulang sendiri sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu terjadinya pertumbuhan tumor pada tulang. Diantaranya adalah:

- Faktor kelainan genetik.

- Adanya cedera pada tulang.

- Penggunaan obat-obatan antikanker.

- Paparan radiasi dalam intensitas yang tinggi, seperti pada saat menjalaniradioterapi.

- Pernah mengalami kondisi patah tulang, serta memasang implan logam.

Gejala tumor tulang.

Gejala umum yang dirasakan ketika mengalami kondisi tumor tulang adalah nyeri yang konstan di area tumbuhnya tumor tersebut. Rasa sakit ini cenderung akan bertambah parah jika penderita melakukan aktivitas yang terhitung berat, dan rasa nyeri sering kali lebih terasa di malam hari.

Selain nyeri, ada beberapa gejala lain yang dapat timbul pada penderita tumor tulang, diantaranya adalah:

- Demam.

- Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang mengalami tumor.

- Tulang menjadi lebih rapuh dan mudah patah, meski hanya mengalami cedera ringan.

- Selalu berkeringat, terutama di malah hari.