×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah fungsi dan syarat penulisan biografi yang baik

0

N/A

Inilah fungsi dan syarat penulisan biografi yang baik

Sebelum mulai menulis biografi kamu perlu mengetahui fungsi dan syaratnya terlebih dahulu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nathaniel Antonio Parulian | Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya

28 / 07 / 2020 11:05

Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka terjadi pula keselarasan perkembangan dalam ruang lingkup pengiriman dan penerimaan pesan antar individu dengan menggunakan media komunikasi digital. Pola komunikasi yang terjadi akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga mampu melahirkan profesi-profesi baru yang dalam menyelesaikan pekerjaannya dibantu dengan perangkat dan aplikasi digital.

Profesi baru seperti YouTuber, podcaster maupun influencer kini banyak ditemui dalam lingkungan dan peristiwa sosial. Hal-hal yang mereka lakukan tentunya banyak menarik perhatian khalayak karena karya dan prestasi yang telah ditorehkan. Karya dan prestasi tersebut akan jauh lebih menarik jika diabadikan dalam bentuk sebuah narasi atau tulisan sehingga dapat dibagikan kepada orang lain. Bentuk tulisan yang dapat diciptakan salah satunya berupa biografi.

Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios (hidup) dan graphein (menulis). Jika didefinisikan secara sederhana maka biografi merupakan bentuk tulisan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain untuk menceritakan sebuah kisah atau rekaman perjalanan hidup pada masa lampau berdasarkan pengalaman dan perjalanan hidupnya. Seseorang yang menjadi sumber informasi  yang akan ditulis dapat disesuaikan dengan kondisi yang terjadi, apakah sumber informasi tersebut masih hidup atau sudah meninggal dunia.

Nah, jika ingin memulai menulis riwayat hidup seseorang hendaknya kenali dulu apa saja fungsi biografi secara umum.

1. Sumber sejarah.

Loading...

Artinya biografi memiliki peran sebagai sumber informasi dan catatan sejarah masa lampau yang dipusatkan pada pengalaman dan perjalanan hidup sang tokoh.

2. Sumber informasi dan inspirasi.

Biografi menjadi sumber informasi bagi khalayak tentang kondisi interaksi sosial di masa lampau serta menjadi sumber motivasi bagi khalayak untuk melakukan hal-hal yang positif sesuai dengan yang dialami sang tokoh.

3. Sumber kontemplasi.

Bentuk narasi yang ditulis dalam bentuk biografi pada akhirnya mampu mengirimkan pesan bagi khalayak agar dapat belajar dari pengalaman pahit dan dramatis yang dialami oleh sang tokoh di masa lampau.

Jika sudah mengenal fungsi biografi, maka sebagai penulis biografi yang baik hendaknya mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebagai syarat mutlak dalam menulis catatan riwayat hidup orang lain, antara lain: menjaga objektivitas, melakukan riset dengan menggali informasi dari sumber yang dapat dipertanggugjawabkan kebenarannya sehingga kata-kata yang disusun dalam bentuk kalimat menjadi tulisan yang jujur dan berimbang.

Selamat menceritakan dalam bentuk tulisan tentang perjalanan hidup YouTuber, podcaster maupun influencer idolamu, ya.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red