Batu permata adalah bagian dari mineral atau batu mewah yang digunakan untuk membuat perhiasan dan seni dekoratif lainnya. Manusia telah mengumpulkan permata selama berabad-abad, dan batu permata adalah salah satu bahan yang paling dicari di dunia. Nah, berikut ini adalah batu permata yang memilik nilai sangat fantastis.

1.Olympic Australis.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

Pada tahun 1956, batu opal terbesar dan paling berharga di dunia ditemukan di ladang opal Eight-Mile, di kota pertambangan Coober Pedy, Australia Selatan. Batu ini ditemukan pada kedalaman 9.144 meter dan diberi nama opal Olympic Australis, karena Olimpiade yang diadakan di Melbourne pada saat itu. Beratnyamencapai 17.000 karat (3450 gram,) dan punya kualitas permata sebesar 99%.

Pada tahun 2005, Olympic Australis dihargai $ 2,5 juta (Rp. 36 Miliar). Karena kemurnian permatanya, diperkirakan bahwa lebih dari 7.000 karat dapat dipotong dari batu kasarnya. Tetapi karena batu itu sangat unik, maka batu tersebut dibiarkan dalam keadaan organik alamiahnya. Saat iniOlympic Australis disimpan di Melbourne, di kantor Altmann & Cherny Ltd.

2.American Golden Topaz.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

The American Golden Topaz saat ini memegang rekor potongan topaz kuning terbesar di dunia. Ini adalah salah satu permata persegi terbesar dari jenis apa pun. Ukurannya 22,892 karat (4,5785 kg) dan memiliki 172-facet (potongan bermuka rata yang diterapkan pada permata untuk membantu mereka memantulkan cahaya).

Mineral asli ini ditemukan di Minas Gerais, Brasil, dan dipotong oleh Leon Agee selama dua tahun. Pada tahun 1988, Golden Topaz Amerika disumbangkan ke Smithsonian Institute, dan dipajang di National Museum of Natural History di Washington, D.C. Harga permata masih belum jelas.

3.Graff Pink Diamond.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

Berlian ini ditemukan pada 1950-an, ketika pengusaha perhiasan Amerika bernama Harry Winston membeli berlian merah muda langka ini dari seorang penambang yang tak disebutkan namanya. Berlian itu berukuran 24,78 karat dan diklaim oleh Winston sebagai "salah satu berlian termahal yang pernah ditemukan." Diklasifikasikan oleh Gemological Institute of America sebagai "berlian merah muda intens yang mewah,"karena punya warna yang sangat bagus. Batu ini juga telah dinilai sebagai Diamond Type IIa, keberadaannya hanya ada 2% dari seluruh berlian di muka Bumi. Berlian ini dipotong menjadi bentuk persegi panjang dengan sudut membulat dan dipasang pada cincin.

Pada 1950-an, berlian itu dijual oleh Winston kepada seorang kolektor pribadi yang memilikinya hingga 2010. Pada waktu itu, berlian itu terjual di acara lelang Sotheby di Jenewa, Swiss seharga US $ 46 juta (Rp. 661 Miliar), yang menjadikannya sebagai permata tunggal termahal yang pernah dijual di lelang. Berlian itu dibeli oleh dealer berlian Laurence Graff, dari Graff Diamonds, yang memberinya nama Graff Pink saat ini.

4.Blue Giant of the Orient.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

Pada tahun 1907, sebuah safir biru besar ditemukan di dekat Adams Peak, Sri Lanka. Ini adalah penemuan besar karena biru adalah salah satu warna safir yang paling langka di planet ini. Safir itu kemudian dipotong dan dipoles menjadi Blue Giant of the Orient. \

Pada saat itu, dilaporkansafir tersebut punya berat466 karat dan menjadi safir biru terbesar di dunia.Permata ini menampilkan fluoresensi oranye-merah yang kuat dalam cahaya ultra-violet. Pada tahun 1907, safir itu bernilai 7.000.Safir tersebut dijual ke kolektor Amerika anonim dan keberadaan permata itu tak diketahui sampai 2004, sampai saat batu itu muncul di pelelangan Christie's Magnificent Jewels yang diadakan pada 19 Mei 2004, di Jenewa, Swiss. Akhirnya safir itu dibeli oleh pembeli anonim sebesar $ 1 juta (Rp 14 Miliar).

5.Smithsonian Alexandrite.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

The Smithsonian Alexandrite digali di Sri Lanka. Khas dari sebagian besar alexandrite, permata Smithsonian berwarna merah dan hijau, dan beratnya 65,08 karat. Ini adalah salah satu permata paling langka dan paling berharga di dunia.

Statusnya sebagai alexandrite terbesar di dunia, sangat banyak diperdebatkan. Pada tahun 2011, dikatakan bahwa batu permata alexandrite bernama Naleem Alexandrite ini memiliki berat lebih dari 112 karat, tetapi ini tidak dapat dikonfirmasi. Juga telah ditulis bahwa pemilik pribadi di Jepang memiliki alexandrite 141.92 karat yang disertifikasi oleh Perusahaan permata Negara itu. Sangat sedikit informasi yang dapat ditemukan tentang batu permata itu, tetapi batu itu terdaftar sebagai potongan alexandrite terbesar oleh situs Guinness Book of Records. Pada 141,92 karat, alexandrite ditafsir bernilai lebih dari $ 100 juta (Rp 1,4 Triliun).

6.Neelanjali Ruby.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

Batu Rubi menunjukkan asterisme atau 'kilauan bintang'di permukaannya. Ini adalah kejadian langka sehingga ketika permata ini ditemukan dengan dua asterisme di kedua sisinya, mereka menjadi jauh lebih berharga.

The Ruby double-star terbesar di dunia ini bernamaNeelanjali Ruby, yang beratnya mencapai 1.370 karat (274 g). Batu ini diumumkan pada akhir 1988, dan langsung memasuki daftar Guinness Book of World Records sebagai Rubydouble-starterbesar. Ruby ini sekarang dimiliki oleh pengacara India G. Vidyaraj dan diperkiraan harganya mencapai $ 100 juta (Rp. 1,4 Triliun).

7.Bahia Emerald.

7 Batu permata terbesar di dunia ini punya harga yang fantastis

Awalnya ditemukan di tambang beryl di Negara Bagian Bahia barat, Brazil, pada tanggal 9 Juli 2001. Setelah diselundupkan ke Amerika Serikat, Zamrud Bahia ini akhirnya dipindahkan ke New Orleans. Lalu setelah terkena Badai Katrina, Zamrud Bahia tenggelam di genangan banjir selama dua bulan. Batu-batu zamrud yang sangat besar itu kemudian dicuri oleh dealer permata di Las Vegas. Setelah kejadian itu, si pencuri dan tahan oleh Departemen Sheriff Los Angeles dalam operasi besar.

Menurut beberapa laporan, Zamrud Bahia terlibat dalam transaksi perbankan senilai $ 197 juta (Rp 2,8 Triliun) dengan Bernard Madoff sebelum dia ditangkap. Setelah serangkaian tindakan hukum yang dirancang untuk mengembalikan zamrud ini, Hakim John A. Kronstadt mengumumkan bahwa dia akan menyelesaikan kasus tersebut, meskipun belum ada keputusan resmi yang dibuat.