×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 7 hewan menakjubkan yang sekarang sudah punah

0

Binatang

Inilah 7 hewan menakjubkan yang sekarang sudah punah

Foto:Gambar olehJerzy GreckidariPixabay

Kepunahan mereka disebabkan oleh berbagai faktor.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fadli Maulana

18 / 04 / 2019 18:10

 

Ada banyak sekali spesies-spesies kece yang dulu eksis, tapi sekarang punah. Mereka dapat punah karena berbagai alasan, seperti peristiwa astronomi dan geologis (seperti asteroid dan gunung berapi), perubahan iklim, perburuan berlebihan dan tidak bertanggung jawab, hilangnya habitat, dan kurangnya makanan yang tersedia.

Jika kita dapat melakukan perjalanan ke masa lalu, berikut adalah 7 hewan paling menakjubkan yang akan kita lihat.

1. Moa (1400 M).

Rekonstruksi perburuan Moa

Loading...

Moa adalah burung raksasa terbesar, bahkan lebih tinggi dan lebih berat daripada burung unta saat ini. Mereka bisa tumbuh hingga hampir empat meter dan berat 230 kg. Seperti burung unta, mereka tidak bisa terbang, tetapi tidak seperti burung unta, mereka benar-benar tidak punya sayap.

Pengujian DNA yang dilakukan pada tahun 2014 membuktikan bahwa manusia adalah penyebab utama kematian Moa. Bukti arkeologis juga menunjukkan bahwa manusia memakan burung-burung ini berapapun usia mereka, yang tentu saja akan membuat mereka sangat sulit bereproduksi.

 

2. Irish Elk (5200 S.M.). 

Inilah 7 hewan menakjubkan yang sekarang sudah punah

Rusa Irlandia (Megaloceros giganteus) adalah salah satu rusa terbesar yang pernah ada dan dijuluki sebagai rusa raksasa. Rusa Irlandia tersebar di sebagian besar Eropa utara pada akhir periode glasial terakhir. Mereka bisa tumbuh setinggi 2 meter lebih dan beratnya mencapai 700 kg. Tanduk mereka adalah yang terbesar dari semua spesies rusa, dengan lebar hampir 4 meter.

Sebagian percaya bahwa kepunahannya akibat perburuan seperti halnya dengan banyak megafauna prasejarah, tapi buktinya masih samar. Kemungkinan lain, kepunahannya disebabkan oleh tanduk raksasanya yang membutuhkan banyak mineral (seperti kalsium), sedangkan pada zaman tersebut tumbuhan yang dikonsumsi mereka banyak menghilang.

 

3. Smilodon (10000 S.M.). 

Inilah 7 hewan menakjubkan yang sekarang sudah punah

Ada banyak spesies kucing bertaring tajam, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah smilodon yang memiliki gigi depan hampir 0,3 meter panjangnya. Saking besarnya, taring tersebut tidak bisa masuk ke dalam mulutnya!

Gigi smilodon tidak terlalu kuat, bahkan mudah patah. Jadi alih-alih menggunakannya untuk berburu, smilodon menangkap dan menerkam mangsanya dengan kaki yang kuat. Smilodon adalah pemburu yang hebat, mereka memangsa segala sesuatu mulai dari bison, unta, hingga anak mamut.

Ada yang bilang, punahnya bersamaan dengan kehadiran manusia yang gencar memburu. Diduga pula, Smilodon dan kucing bergigi tajam lainnya menghilang setelah zaman es terakhir, karena hewan yang mereka makan menghilang juga. Ingat karakter Diego di film Ice Age?

 

4. Woolly Mammoth / Mamut Berbulu (2000 S.M.).

Inilah 7 hewan menakjubkan yang sekarang sudah punah

Masih seputar karakter di film “Ice Age”, pasti tahu dong hewan raksasa di film itu. Yap, mamut berbulu! Sebelum ada gajah, ada mamut, dan mamut berbulu adalah yang terakhir. Mereka tidak jauh lebih besar dari gajah Afrika saat ini, tetapi memiliki tonjolan bahu yang tinggi dan bulu tebal yang membuatnya terlihat jauh lebih besar. Mereka juga memiliki gading yang bisa tumbuh hingga 4.6 meter panjangnya.

Selain penurunan populasi mereka karena perubahan iklim, maut berbulu diburu oleh manusia purba sebagai wol. Daging dan gadingnya juga digunakan untuk membuat perumahan, pakaian, senjata dan perhiasan.

 

5. Quagga (1883 M).

Foto Quagga di kebun binatang London 1870.

Makhluk setengah Zebra dari Afrika Selatan ini baru aja punah pada abad ke-19. Mereka diburu hingga punah pada tahun 1883 untuk diambil dagingnya atau dianggap sebagai hewan ternak biasa, jadi tidak ada yang benar-benar memperhatikan penurunan populasi mereka sampai semuanya terlambat

 

6. Thylacine (1936 M).

Foto Keluarga Thylacine di Beaumaris Zoo, Hobart, 1910

Harimau Tasmania adalah marsupial alias hewan yang memiliki kantong seperti kanguru dan koala.  Biasanya dikenal sebagai Macan Tasmania (karena punggungnya bergaris), dan juga dikenal sebagai Serigala Tasmania. Mereka punah pada 1930-an karena perburuan yang berlebihan oleh petani yang menyalahkannya karena memangsa ternak.

 

7. Dinosaurus (65 Juta tahun yang Lalu).

Gambar oleh Jerzy Górecki dari Pixabay  Gambar oleh Jerzy Górecki dari Pixabay

Foto: Gambar oleh Jerzy Górecki dari Pixabay 

Ini nih yang paling terkenal, Dinosaurus! Mereka hidup di semua benua. Saat ini, lebih dari 700 spesies yang berbeda telah diidentifikasi, dan para ilmuwan berpikir masih banyak lagi yang dapat ditemukan.

Dinosaurus terakhir punah sekitar 65 juta tahun yang lalu (pada akhir Zaman Kapur), akibat tabrakan asteroid di Semenanjung Yucatán di Meksiko.

 

Itulah, 7 hewan paling menakjubkan yang pernah hidup di masa lampau. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red