×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

0

Kesehatan

Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

Tidak bisa senyum dan ketawa akibat gigimu ompong? Coba pasang gigi palsu, gunakan implan atau bisa memasang bridge.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

23 / 07 / 2019 11:12

Mengalami gigi ompong bukanlah hal yang sembarangan, apalagi terjadi ketika kita masih muda. Kalau masih anak-anak mungkin wajar saja, tapi jika kita menginjak usia 17 tahun ke atas tentunya gigi akan sulit untuk tumbuh lagi. Mau tidak mau kita harus rela menerima keadaan gigi kita yang hilang.

Gigi yang ompong bukan hanya menyusahkan kita dalam mengunyah makanan, namun masalah terbesarnya yakni akan mengurangi rasa percaya diri. Kita tidak akan bebas untuk tersemyum dan ketawa.

Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

Sumber : https://kapsulmetama.com

Baiklah, saya rasa kamu perlu tahu solusinya. Kamu bisa pakai cara di bawah ini untuk mengatasi gigi ompong.

Loading...

1. Menggunakan gigi palsu.

Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

Sumber : https://awsimages.detik.net.id/

Satu hal yang terlintas di benak setiap orang untuk menutupi gigi ompong ya sudah pasti pasang gigi palsu untuk solusinya. Cara ini terbilang cukup populer loh.

Gigi palsu ada 2 jenis, yaitu GTL (gigi tiruan lengkap) dan GTS gigi tiruan sebagian (GTS). GTL bisa digunakan untuk mereka yang tidak memiliki gigi sama sekali, sedangkan GTS bisa dipilih oleh mereka yang masih mempunyai beberapa gigi alami. Untuk pembuatan gigi palsu nantinya akan disesuaian dengan rahang dan bentuk gigi yang kamu inginkan.

Dengan harganya yang relatif murah, gigi palsu juga mudah dilepas dan dipasang. Untuk membersihkannya kamu hanya tingal melepaskannya. Gigi palsu fungsinya sama saja seperti gigi alami, bisa dipakai untuk mengunyah dan mencegah otot-otot wajah/rahang mengendur. Namun sayangnya gigi palasu mudah rusak dan mudah diganti ketimbang jenis pengganti gigi lainnya.

2. Memakai implan gigi.

Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

Sumber : https://doktergigikita.com/

Cara berikutnya yakni dengan memakai implan. Cara ini biasanya dilakukan jika jika rongga mulut mengecil dan tidak bisa lagi dipasang gigi palsu. Pemasangannnya harus  disesuaikan dengan bentuk mulut dan posisi gigi lain, sama seperti gigi palsu. Mula-mula sekrup titanium dimasukkan ke dalam tulang rahang guna menyokong gigi palsu, bridge, atau crown gigi.

Solusi gigi ompong ini harganya lebih mahal dari pemasangang gigi palsu, namun implan bisa digunakan selama bertahun-tahun dan membantu mencegah rahang mengecil akibat gigi ompong.

3. Memasang bridge.

Solusi gigi ompong yang selanjutnya adalah dengan memasang bridge. Pada metode ini, gigi palsu akan diapit/disangga oleh dua gigi yang ada di sampingnya, lihat pada gambar di bawah.

Ini solusi untuk mengatasi gigi ompong di usia muda

Sumber : https://www.vectorstock.com/

Cara pemasangannya, enamel gigi sebelah kanan dan kiri dari gusi yang ompong dikikis agar dapat dipasang crown, barulah gigi palsu yang diapit oleh dua crown dibuat. Kemudian gigi palsu ditempatkan di gusi yang sudah tidak ada giginya, dan crown dimasukkan ke gigi kiri dan kanan yang sudah dikikis enamelnya.

Untuk bahan giginya beragam, bisa dibuat dari emas, logam campuran, porselen, atau kombinasi bahan-bahan tersebut.

Cara ini bisa bertahan sampai 15 tahun atau lebih tanpa perlu diganti dengan yang baru, asal kebersihan mulut harus dijaga dengan baik dan rutin memeriksakan gigi secara teratur ke dokter gigi.

Mencegah gigi ompong.

Cara di atas sudah pasti kamu gunakan, ya mau bagaimana lagi kamu menutupi gigi yang ompong itu. Kalau gigi sudah ompong ya susah untuk mengatasinya. Maka, sebelum terlambat, kamu harus pintar menjaga gigi agar gigi kamu sehat dan terhindar dari gigi ompong, berlubang, dan permasalahan gigi lainnya.

Kamu bisa ikuti tips merawat gigi di bawah ini:

1. Gosoklah gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2. Jangan sampai ada makanan nyangkut pada gigi (bersihkan dengan menggosok gigi kamu)

3. Berkumur dengan obat kumur antiseptik, untuk mencegah radang gusi dan gigi berlubang

4. Hindari merokok dan kurangi kebiasaan minum alkohol

5. Jaga pola manakn kamu. Batasi mengonsumsi makanan yang manis, lebih baik perbanyak makanan berserat tinggi dan jangan lupa konsumsi air putih yang cukup agar mulut produksi air liur meningkat (mulut tidak akan mengalai kering)

6. Periksa secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Cek apakah ada karang gigi ataupun terdapat penyakit gigi

Itulah tadi mengenai permasalah pada gigi, terutama gigi ompong. Intinya selama gigi kamu sehat, maka gigi ompong pun tidak akan kamu alami.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red