×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini persentase warna-warna mata dari populasi yang ada di dunia

0

News

Ini persentase warna-warna mata dari populasi yang ada di dunia

Meskipun berbeda-beda, semua warna mata ini sangat indah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

10 / 02 / 2019 13:48

Warna mata manusia ditentukan oleh dua faktor, pigmentasi iris dan cara iris menyebarkan cahaya yang melewatinya. Gen menentukan seberapa banyak melanin yang ada di mata. Semakin banyak melanin, semakin gelap mata. Namun, mungkin terlihat bahwa pada beberapa individu, warna mata mereka cenderung berubah tergantung pada jumlah cahaya yang ada. Ini terjadi karena lapisan ganda iris yang ada di mata. Warnanya tergantung pada lapisan mana yang memantulkan cahaya.

Nah, berikut ini warna-warna mata yang ada di dunia serta persentasenya terhadap populasi dunia. Check this out!

1. Warna mata cokelat.

Brown Eyes

Sekitar 79% populasi dunia memiliki mata cokelat, yang menjadikannya warna mata manusia paling populer. Iris cokelat ditentukan oleh pigmentasi, dan dapat muncul sebagai cokelat tua atau cokelat muda. Iris berwarna cokelat gelap berasal dari konsentrasi melanin yang tinggi dan umum terjadi di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Afrika.

Loading...

Iris berwarna cokelat muda terjadi karena kadar melanin yang rendah pada iris dan umum terjadi di Eropa, Asia Barat, dan Amerika. Pigmentasi mata ditularkan dari orang tua ke anak melalui genetika. Namun, orang tua dengan warna mata cokelat belum tentu menghasilkan keturunan dengan warna mata cokelat, karena variasi gen dapat menghasilkan warna mata yang lain.

 

2. Warna mata biru.

Blue eyes

Sekitar 8% -10% populasi dunia memiliki mata biru. Tidak ada pigmentasi biru di mata, jadi warna biru ini merupakan hasil dari tingkat melanin yang rendah di lapisan depan iris. Namun, penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa mutasi genetik yang terjadi sekitar 10.000 tahun yang lalu menyebabkan mata biru dan gen yang mencegah produksi melanin di mata dapat ditularkan secara genetik.

Eropa menyumbang persentase terbesar orang dengan mata biru sementara Finlandia berada di urutan teratas dalam daftar negara dengan persentase terbesar orang bermata biru dengan angka 89%.

 

3. Warna mata hazel.

Hazel Eyes

Sekitar 5% populasi dunia memiliki warna mata hazel. Warna hazel terjadi karena kombinasi melanin dan hamburan cahaya Rayleigh. Mata hazel tampak berubah warna dari hijau menjadi cokelat dan biru. Dalam beberapa kasus, pembiasan cahaya yang berbeda pada mata ini dapat menghasilkan iris warna-warni di mana warna dominan tergantung pada panjang gelombang cahaya yang masuk ke mata.

 

4. Warna mata amber.

Amber Eyes

Sekitar 5% dunia memiliki mata amber. Warna amber terjadi karena adanya pigmen kuning yang dikenal sebagai lipochrome. Pigmen ini membuat iris menghasilkan warna cokelat kehitaman atau tembaga dan warna kekuningan atau keemasan yang kadang-kadang dapat disebut dengan warna hazel. Meskipun tidak umum pada manusia, namun warna mata jenis ini biasa terjadi pada burung, ikan, dan anjing.

 

5. Warna mata hijau.

Green Eyes

Hanya sekitar 2% dunia yang memiliki mata hijau. Warna hijau dihasilkan dari tingkat melanin yang rendah, adanya lipokrom pigmen kekuningan, dan warna biru yang disebabkan oleh hamburan cahaya Rayleigh yang dipantulkan. Ketika semua faktor ini bergabung hasilnya adalah warna hijau. Warna mata ini umum di Eropa Tengah, Barat, dan Utara.

 

6. Warna mata abu-abu.

Grey eyes

Mata abu-abu terkadang juga bisa dianggap dengan mata biru muda. Seperti mata biru, mata abu-abu disebabkan karena tingkat melanin yang rendah di lapisan depan iris. Penampilan abu-abu disebabkan oleh hamburan cahaya dari epitel yang lebih gelap. Pewarnaan abu-abu, observasi tertutup, juga bisa menunjukkan sedikit kuning atau cokelat. Mata abu-abu paling banyak ditemukan di Eropa Utara dan Timur.

 

7. Warna mata merah atau violet.

Red Eyes

Orang dengan tingkat albinisme tinggi sering memiliki mata ungu atau merah. Hal ini disebabkan oleh tingkat melanin yang sangat rendah yang memungkinkan pembuluh darah untuk menembus. Tingkat keberadaan mata merah / ungu sangat langka di dunia ini, yaitu kurang dari 1% populasi dunia.

 

8. Heterochromia.

Heterochromia

Heterochromia adalah kasus langka di mana seseorang menunjukkan dua warna mata yang berbeda. Heterochromia lengkap adalah ketika kedua iris menghasilkan warna yang berbeda di mana heterokromia aspernal atau heterokromia sektoral adalah iris yang menunjukkan dua warna berbeda. Kalau ingin lebih tahu tentang warna mata ini, kalian bisa mengunjungi artikel berikut Apa Itu Heterochromia?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red