Dalam kehidupan di zaman modern ini, banyak ilmu pengetahuan sangatlah penting, dan jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu selama kamu bisa, terutama ilmu pengetahuan tentang agama. Di zaman modern saat ini ilmu tidak harus didapat dari seseorang sekolah tinggi, tetapi ilmu juga bisa didapat dalam aktivitasmu tiap hari. Salah satu contoh mengikuti tauziah ustaz di masjid terdekat atau melalui informasi di dunia internet.

Saat ini terdapat banyak ilmu pengetahuan yang mungkin kita belum tahu atau pelajari, padahal dengan berkembangnya waktu dan semakin bertambahnya umur kita, tuntutan untuk mengetahui tentang ilmu agama haruslah lebih dalam lagi karena kelak akan menjadi panduan kita dalam membina rumah tangga nantinya. Dengan banyak ilmu pengetahuan, kita juga bisa lebih menjaga diri dari kebodohan dalam menjalani aktivitas hidup, dan juga ilmu pengetahuan membawa kita selamat dunia maupun akhirat.

Ini pentingnya ilmu dan kemuliaan yang didapatkan orang berilmu

Dalam agama Islam sendiri sangatlah penting untuk selalu mencari ilmu pengetahuan, dan Allah Subhanahu Wa taala juga menjanjikan kemuliaan bagi orang yang berilmu, yaitu diangkat derajatnya.

Terdapat beberapa Kutipan AlQuran yang menjelaskan betapa penting ilmu, di antaranya:

1. Kutipan ayat Al-Quran: Ali-Imran (3:18).

Syahidallahu annahu la ilaha illa huwa wal-malaikatu wa ulul-ilmi qaimam bil-qist, la ilaha illa huwal-azizul-hakim

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

2. Kutipan ayat Al-Quran: Al-Kahf (18:66).

qala lahu musa hal attabiuka ala an tuallimani mimma ullimta rusyda

Musa berkata kepadanya, "Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajarkan kepadamu (untuk menjadi) petunjuk?"

3. Kutipan ayat Al-Quran: Taaha (20:114).

fa taalallahul-malikul-haqq, wa la tajal bil-qurani ming qabli ay yuqda ilaika wahyuhu wa qur rabbi zidni ilma

Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur'an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku."

4. Kutipan ayat Al-Quran: Al-'Ankabut (29:43).

wa tilkal-amsalu nadribuha lin-nas, wa ma yaqoluha illal-alimun

Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tidak ada yang akan memahaminya kecuali mereka yang berilmu.

5. Kutipan ayat Al-Quran: Al-Mujadalah (58:11).

ya ayyuhallazina amanu iza qila lakum tafassahu fil-majalisi fafsahu yafsahillahu lakum, wa iza qilansyuzu fansyuzu yarfaillahullazina amanu mingkum wallazina utul-ilma darajat, wallahu bima tamaluna khabir

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Dan dalam beberapa hadis juga dijelaskan beberapa keutamaan ilmu bagi kita semua.

1. Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii').

2. Wahai Aba Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah lebih baik bagimu daripada shalat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada shalat seribu raka'at. (HR. Ibnu Majah)

3. Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Juga dijelaskan bahwa manfaat dari ilmu yang kita pelajari saat ini akan bermanfaat sampai kita meninggal nanti.Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan mendorong kita untuk mengenal dalam lagi ilmu pengetahuan.