×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini menu makanan yang direkomendasikan dan dihindari saat sahur

0

N/A

Ini menu makanan yang direkomendasikan dan dihindari saat sahur

Ilustrasi makanan sehat / Foto: RitaE dari Pixabay

Makan sahur hendaknya tetap memperhatikan azas menu gizi seimbang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhamad Jalil

30 / 04 / 2020 17:15

Kegiatan yang baiknya tak ditinggalkan saat puasa adalah sahur. Meskipun nilainya hanya sunah, namun sahur banyak sekali mengandung keberkahan bagi yang menjalankannya. Oleh karenanya nabi sangat menganjurkan untuk bangun sahur, walaupun itu berat. Karena biasanya kalau bangun sahur untuk awal-awal agak berat dan dihinggapi rasa ngantuk. 

 

Tujuan sahur adalah untuk menyiapkan bekal energi selama berpuasa keesokan harinya. Bagi yang bangun kesiangan tentu akan merasa lemas dan kurang bertenaga saat menjalankan ibadah sahur. Oleh karenanya harus benar-benar disiapkan sebelum tidur, seperti menyetel jam weker atau minta dibangunkan teman atau keluarga saat waktu sahur tiba. Jangan sampai kamu bangun waktu imsak sudah datang.

Makan sahur hendaknya tetap memperhatikan azas menu gizi seimbang. Jangan hanya sekadar menu seadanya, sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tidak diperhatikan. Akibatnya puasa menjadi tidak bergairah dan tidak bernergi.

Untuk mencukupi gizi seimbang, dalam situs fimela.com merekomendasikan lima menu yang menyehatkan. Di antaranya alpukat ikan tuna, yoghurt kelapa, otmeal, salad mentimun, dan sup kacang. Kelima makanan itu dipilih karena mengandung serat dan protein yang membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Loading...

Selain memahami menu yang seharusnya dikonsumsi, kamu juga harus mengetahui menu-menu apa saja yang wajib dihindari agar puasa tetap berjalan dengan baik. Melansir dari detik.com, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang berlemak karena dapat menyebabkan begah, makanan manis agar terhindar dari kadar gula darah yang tinggi, makanan dengan kandungan garam tinggi, kafein, dan makanan pedas agar terhindar dari asam lambung yang meningkat.

Demikian penjelasan singkat terkait menu yang direkomendasikan dan yang harus dihindari saat sahur. Dengan memperhatikan rambu-rambu di atas, tentu puasamu akan menjadi lebih sehat dan mendapat derajat takwa di akhir Ramadan nanti. Selain itu kamu akan lebih memperhatikan menu-menu yang menyehatkan dan memberi efek kenyang yang lebih lama.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red