Kebiasaan memang sulit untuk diubah, karena kebiasaan lebih mendominansi keterkaitan tingkah laku yang sering dilakukan. Terutama kebiasaan makan,bagaimana sebenarnya kebiasaan makan yang baik? Hampir setiap orang memakan makanan dan meminum dengan keadaan berdiri, bahkan anak kecil habis bermain langsung makan, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Sebelum makan hendaknya penuhi aturan dan adab-adab yang sesuai, jangan sampai seenaknya sendiri.Bukan tuntutan, melainkan ajaran yang baik. Beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum makan antara lain:

1. Membersihkan Meja makan dari kotoran maupun sampah

Ini lho kebiasaan sebelum makan yang seringkali diabaikan

Biasakan sebelum makan membersihkan meja makan, karena apabila akan makan dalam keadaan kotor, tidak akan merasa nyaman. Belum lagi ketika ingin makan ada sisa makanan busuk di meja dan dihinggapi lalat, akibatnya melalui akan mendatangkan penyakit.

2. Mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan di meja makan

Ini lho kebiasaan sebelum makan yang seringkali diabaikan

Sebelum makan hendaknya mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan dengan tujuan supaya tidak ribut ingin makan dan jauh-jauh harus membeli dahulu. Apalagi bagi tamu, sepenuhnya harus menyiapkan hidangan terlebih dahulu di meja makan, sebagai bentuk menghormati tamu.

3. Mencuci tangan sebelum makan

Ini lho kebiasaan sebelum makan yang seringkali diabaikan

Kebiasaan ketiga yang sering diabaikan yaitu mencuci tangan sebelum makan,sebenarnya mencuci tangan sebelum makan harus dilakukan. Alasannya yaitu apabila sebelum makan dan saat makan dapat terhindar dari kuman. Bahkan banyak dijumpai sebelum makan tidak mencuci tangan, dengan alasan lupa. Manfaat yang akan kita dapatkan pastinya akan terhindar dari penyakit

Kebiasaan baik sebelum makan harus dibiasakan setiap hari, karena melalui kebiasaan baik kesehatan akan terjamin dan terhindar dari penyakit. Sedini mungkin mencegah dahulu, karena menghindari sakit itu tidak mudah apabila dari sekarang tidak memulai kebiasaan baik. Terutama yang harus diterapkan adalah kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.