×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Tanda kamu adalah INFJ, seseorang dengan kepribadian paling langka

0

Kepribadian

10 Tanda kamu adalah INFJ, seseorang dengan kepribadian paling langka

Apakah kamu termasuk orang dengan kepribadian 'langka' ini, guys?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rachel Ikita

18 / 05 / 2018 19:25

INFJ adalah salah satu jenis dari 16 kepribadian dalam tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). INFJ sendiri merupakan kepribadian yang cukup langka, yakni hanya sebesar 1% penduduk dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian ini. INFJ merupakan singkatan dari Introvert, Intuition, Feeling, Judgement. Kamu juga bisa mengetahui apa tipe kepribadianmu di sini guys!

Untuk kalian yang merasa penasaran dengan ciri- ciri dari si INFJ ini, berikut ada 10 ciri yang hanya dimiliki seorang INFJ seperti dilansir dari introvertdear.com, Jumat (18/5):

1. Seringkali merasa kesepian dan 'berbeda'

(sumber: https://pixabay.com/en/alone-city-man-person-solo-window-1868530/)

Dengan keberadaan mereka yang langka, sulit bagi para INFJ untuk menemukan seseorang yang melihat dunia dengan cara yang sama seperti mereka. Mereka juga merasa 'berbeda' sejak mereka masih kanak- kanak. Meskipun INFJ ini memiliki banyak teman, seringkali mereka merasa tidak bisa benar- benar cocok dengan temannya.

2. Para introvert yang terlihat extrovert

(sumber: https://id.pinterest.com/pin/AfvoJhK5IIG42miffei6L-scTBJ0I1h9kSSeWC74AkQJxa0Y-QPbk9E/)

Introvert adalah seseorang yang menyukai banyak waktu untuk sendirian, mereka cenderung akan merasa kelelahan saat mereka terlalu lama bersosialisasi dengan oranhg banyak. Mereka akan mencari cara untuk mengisi ullang 'baterai' mereka dengan cara meluangkan waktu dengan diri mereka sendiri entah dengan membaca buku favorit mereka, mendengarkan musik, dsb mereka merasa sangat nyaman ketika sendirian. Sedangkan extrovert adalah orang yang senang berada disekitar banyak orang, mereka akan merasa bersemangat, berenergi saat bersosialisasi dengan banyak orang dan akan merasa kesepian dan bosan saat sendirian. INFJ termasuk dalam tipe introvert, namun jika seorang INFJ sudah merasa nyaman dengan situasi dan orang- orang disekitarnya, seorang INFJ seringkali disalahpahami sebagai orang yang extrovert karena tampak sangat berenergi, bersemangat dan ceria.

3. INFJ merupakan orang- orang dengan empati yang tinggi dan mereka seringkali dengan mudah 'mengetahui' sesuatu

(sumber: https://www.flickr.com/photos/155445100@N03/favorites/)

Para INFJ mempunyai intuisi yang sangat kuat, tanpa bertanya mengapa atau bagaimana, mereka akan mengetahui jawaban dari sesuatu hanya dengan melihatnya saja, udah kayak paranormal aja ya, guys. Tetapi memang seperti itu, para INFJ seperti memiliki indera keenam, bukan indigo lho ya. Para INFJ dengan mudah mengetahui hal yang akan terjadi karena mereka selalu melihat sebuah pola pada suatu kejadian, meskipun 'ramalan' mereka tidak selalu benar, golongan INFJ inilah yang memiliki intuisi paling kuat dari ke-16 tipe kepribadian yang ada.

5. Menyerap emosi orang-orang yang ada disekitar mereka

(sumber: http://kristopherlangenbacher.com/2017/10/03/drive-thru-empathy/)

Emosi yang disenutkan disini bukan emosi 'marah' ya. Emosi disini adalah perasaan yang akan mempengaruhi tindakan seseorang selanjutnya. Pernahkah kalian merasa baik- baik saja dan tiba- tiba sahabat kalian menelpon dan bercerita bahwa dia baru saja kehilangan seseorang yang dia sayang atau baru saja putus dengan pacarnya dan dia bercerita tentang betapa sedihnya dia saat ini. Semakin lama kalian mengobrol, kamu semakin merasa empati yang dalam, hingga akhirnya kalian menutup telepon dan seketika mood-mu yang tadinya fine saja berubah menjadi sedih. INFJ juga sering sekali mengalami hal seperti itu, mereka akan menyerap emosi orang disekitarnya, bahkan orang asing sekalipun. Tetapi biasanya semakin dekat hubungan INFJ dengan seseorang (misal, pacar, sahabat, atau keluarga) akan semakin kuat emosi yang mereka serap.

6. Perfeksionis

(sumber http://insidejamarifox.com/the-perfectionist-that-is-i-who-is-me/)

INFJ adalah seorang yang perfeksionis, mereka selalu mengharapkan sesuatu yang sempurna. Karena itu mereka akan banyak belajar hal- hal yang bersifat mengembangkan diri mereka, seperti belajar bagaimana cara bermain alat musik, memasak makanan sehat, dsb. Mereka akan terus berusaha untuk mendapatkan kehidupan yang mereka anggap 'sempurna'.

7. 'The Door Slam'

(sumber https://id.pinterest.com/pin/23221754309716169/)

INFJ seringkali secara tiba- tiba memutuskan hubungan dengan seseorang. Bukan tanpa alasan, mereka melakukannya untuk melindungi diri mereka. Saat mereka berada dalam suatu hubungan yang menurut mereka sudah tidak bisa dilanjutkan lagi karena mereka merasa disakiti berulang- ulang, para INFJ biasanya akan melakukan sesuatu yang disebut sebagai 'the door slam', mereka akan memutuskan untuk tidak berhubungan, tidak bertemu, dan tidak membicarakan orang tersebut. Jadi jika kamu memiliki teman, keluarga, atau pacar yang memiliki kepribadian INFJ, jangan disakiti jika kamu nggak mau dianggap sebagai orang asing sama mereka, ya. hehehe.

8. Pemimpi

(sumber: https://id.pinterest.com/pin/674203006689563405/)

Saat semua orang suka mengobrol tentang selebriti, menggosip, dan hal- hal sepele lainnya, para INFJ ini lebih suka memikirkan hal- hal seperti perjalanan melintasi waktu, arti dari kehidupan, dan hal-hal epik lainnya. Tetapi saat mereka mengobrol dengan seseorang para INFJ sering memutuskan untuk tidak menceritakan hal-hal yang dipikirkannya tadi, mereka menganggap orang lain tidak akan tertarik kepada hal-hal seperti itu.

9. Sangat peduli terhadap orang- orang disekitarmu

(sumber: https://id.pinterest.com/pin/660692207809756885/)

Para INFJ sangat peduli dengan orang- orang disekitarnya, mereka bahkan seringkali selalu mencoba untuk menyenangkan hati semua orang dan mengorbankan kebahagiannya sendiri. Tapi meskipun mereka sangat peduli dengan seseorang, orang tersebut tidak akan tahu betapa besar rasa peduli mereka karena para INFJ seringkali kesulitan untuk mengungkapkan emosi mereka sendiri.

10. Mereka merasa dilahirkan untuk melakukan hal yang luarbiasa

(sumber: https://favim.com/image/4427769/)

Para INFJ merasa bahwa mereka ada di dunia ini bukan hanya untuk duduk dikantor dan bekerja hingga sore dan bukan hanya untuk mendapatkan gaji untuk membayar tanggungan, tetapi mereka selalu berpikir bahwa mereka ditakdirkan untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik lagi. Namun masalahnya, mereka sering merasa 'tersesat', tidak tahu bagaimana cara untuk mengubah dunia atau mereka menganggap diri mereka tidak memiliki skill yang cukup untuk melakukan hal tersebut. 

Beberapa tokoh dunia yang termasuk deretan INFJ adalah Nelson Mandela, Oprah Winfrey, Nicole Kidman, dan Adam Sandler. Nah, dari 10 ciri- ciri tersebut, berapa banyak yang cocok dengan kepribadian kalian? Jika sebagian besar cocok, selamat! mungkin itu tandanya kamu adalah seorang INFJ, orang dengan tipe kepribadian langka di dunia, dan mungkin kamu harus mulai dilestarikan ya, hehehe.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    65%

  • Ngakak!

    12%

  • Wow!

    18%

  • Sedih

    6%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red