×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

0

Kesehatan

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Mendaki gunung memang capek, namun di balik itu ada segudang manfaat yang bisa didapat bagi kesehatan tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

24 / 09 / 2019 15:09

Kegiatan yang satu ini merupakan aktivitas ekstrem yang menyenangkan. Dengan tantangan yang kamu hadapi saat pendakian, kamu pun akan disuguhkan dnegan berbagai pemandangan. Keindahan alam dan udara segar akan menemani sepanjang perjalananmu menuju puncak gunung yang akan kamu tuju.

Di balik rintangan dan rasa capek yang kamu dapatkan, ternyata mendaki gunung juga ada manfaatnya loh bagi kesehatan. Jadi kamu tidak akan sia-sia setelah menjalaninya. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari mendaki gunung.

1. Mengurangi stres.

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Sumber : https://lingshenyao.id/obat-untuk-vertigo/

Loading...

Bayangkan bila di perjalanan kamu disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, yang dirasakan tentunya bisa membuat hidup lebih bahagia. Aktivitas ini sangat cocok untuk mengurangi stres yang kamu miliki dengan padatnya jadwal pekerjaan sehari-hari.

2. Memperkuat otot kaki.

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Sumber : https://kabarwanita.id/jenis-olahraga-tanpa-alas-kaki/

Otot kaki sudah pasti akan kuat jika kamu sering mendaki gunung. Tentunya dengan berbagai medan yang kamu lalui untuk menuju puncak, jalanan berkerikil, berbatu, dan tanah nyatanya akan membuat otot kaki kamu semakin kuat dan terbentuk.

3. Membuat tulang lebih padat.

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Sumber : https://seputarherbal.com/atasi-nyeri-otot-sendi/

Mendaki gunung itu seperti kamu berjalan menaiki tangga dengan memikul beban di punggung dan kaki yang kuat harus menjadi penopangnya. Secara alami, kegiatan yang kamu lakukan itu tentunya bisa membuat tulangmu lebih padat. Ditambah lagi sinar matahari yang memiliki vitamin D sangat baik bagi kesehatan tulang. Jadi, dengan memiliki tulang yang sehat, tentu kamu akan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.

4. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Sumber : https://kapsulmetama.com/harga-obat-asam-lambung/

Selain memperkuat tulang dan otot, jantung dan paru-parumu pun akan mengalami peningkatan pada sistem kerja dan fungsinya. Perjalanan mendaki akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitasmu biasanya, suplai oksigen dan peredaran darah dalam tubuh pun juga akan meningkat. Ditambah lagi dengan udara sekitar pegunungan yang segar dan bebas dari polusi juga akan menambah dampak positif buat tubuhmu. 

Dengan kata lain, olahraga ini akan melatih tubuhmu untuk mengelola energi dengan baik. Stamina tubuh pun akan terbiasa dengan kegiatan yang berat seperti ini. Jadi hal ini akan membuat stamina meningkat seiring dengan aktivitas pendakian yang kamu lakukan sehingga daya tahan tubuh juga semakin meningkat, termasuk kesehatan jantung dan paru-paru.

5. Membuat daya ingat lebih kuat.

Ini dia 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

Sumber : https://seputarherbal.com/cara-meningkatkan-daya-ingat/

Diperlukan penghapalan ketepatan insting untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik saat melakukan pendakian. Oleh sebab itu mereka yang sering melakukan pendakian tentunya akan terbiasa melatih otaknya untuk melakukan hal semacam itu sehingga membuat daya ingat semakin kuat dan memori semakin tajam.

Nah, itulah 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan. Jadi, jangan memikirkan capeknya saja, tapi lihat juga manfaatnya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red