Anjing adalah salah satu hewan yang sangat disenangi oleh manusia untuk dijadikan sebagai teman. Makhluk ini patuh, setia, cerdas, dan bisa diandalkan dalam berbagai hal. Itulah kenapa mereka banyak dipelihara dan dipekerjakan sebagai petugas keamanan, penjaga rumah, penggembala domba, rekan berburu, pelacak kriminal, pendeteksi bom, dan banyak bidang lapangan lain.

Namun demikian setiap kelebihan tersebut tak serta-merta bisa dimiliki oleh semua anjing sejak lahir. Karena pada dasarnya diperlukan pelatihan yang sangat intensif untuk mendidik hewan ini sebelum mereka bisa berguna. Sementara yang tak pernah dilatih cenderung akan bersikap selayaknya anjing secara naluriah, yaitu liar, bengis, dan berbahaya.

Seringnya ketakutan dan panik saat berhadapan dengan anjing tak terdidik semacam ini yang lantas mengakibatkan manusia menerima gigitan. Dalam kondisi tertentu, hal ini sebenarnya juga berlaku pada anjing yang sudah terdidik dengan baik. Seperti saat mereka sedang di mode siaga ketika melihat ada orang asing yang masuk ke wilayah jaganya. Jika hal itu terjadi, maka petakalah yang akan datang.

Serangan anjing, atau Dog Attack, memang hal yang sangat tak menyenangkan. Namun bukan berarti tak bisa diatasi. Dilansir dari channel YouTube Business Insider, seorang purnawirawan Navy SEALs, Clint Emerson, menerangkan beberapa langkah efektif dalam menghadapi serangan anjing.

1. Memasang kuda-kuda.

Clint menerangkan bahwasanya langkah pertama yang harus diambil adalah melindungi diri dengan memasang kuda-kuda.

2. Pakai benda apapun untuk memancing perhatian si anjing.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan benda apa pun yang bisa dipakai untuk memancing perhatian si anjing. Misalnya tas, baju, dan benda lain yang ada di sekitarmu saat itu. Hal ini berguna untuk memberikan anjing tersebut sesuatu untuk digigit agar ia tak mengincar bagian tubuh kamu.

3. Saat anjing lengah, lakukan serangan spontan di moncongnya.

Kemudian, saat rahang anjing sibuk mengekang tas atau baju kamu, langsung lakukan serangan spontan di bagian moncong si anjing. Target seperti mata, kepala, atau bagian tubuh lain juga merupakan pilihan yang bagus. Namun, menyerang di bagian hidung akan jauh lebih efektif karena target tersebut berada paling dekat dan merupakan organ sensitif anjing. Seranglah sekeras-kerasnya dan sebanyak mungkin untuk memberikan impak yang maksimal. Buat anjing tersebut mengerti siapa alpha-nya.

Nah, begitulah cara efektif menghadapi anjing ala Navy SEALs.