×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

0

Life

Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

Adobe Photoshop CC 2018, hadir sebagai aplikasi paling popular.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

iyuza yusuf

31 / 01 / 2018 19:44

Adobe Photoshop CC 2018, hadir sebagai aplikasi paling popular untuk edit foto hasil kamera 360 tanpa membuang hasil gambar Anda. Nah Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dalam pemakaiannya berikut ada tips dan triknya.

Untuk versi CC 2017 dengan kemampuan terbatas hanya bisa membuka file, akan tetapi untuk proses render gambar menjadi rasio aspek biasa, hasilnya fitur gambar tidak seperti apa yang saat menampilkan hasil foto 360 di Facebook atau seperti gambar yang dihasilkan dari gambar VR.

Pekerjaan mengedit 360 foto pada Photoshop, seperti kemunculan tripod yang lupa diamankan, menghilangkan saluran listrik yang mengganggu, atau memperbaiki sebuah obyek. Setelah editing selesai, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah ekstra untuk mengimpor, mengekspor, dan menavigasi sekitar.

Edit foto 360 di Photoshop terbilang sedikit berbeda dengan edit foto biasa. Edit foto 360 harusnya tetap mempertahankan gambar tetap bisa di-scroll 360. Ada beberapa langkah ekstra untuk mengedit foto 360 tersebut. Catatan yang harus diperhatikan, saat anda bekerja dengan file asli, jangan sampai disimpan foto sebagai foto asli. Sebagai gantinya, simpan progress editan anda sebagai PSD, sampai anda mencapai langkah akhir untuk export gambar.

1. Buka Gambar dan pilih universal edit.

Loading...

Ketika memilih universal edit, perubahan yang diterapkan pada keseluruhan foto, secara otomatis tidak dapat menampilkan gambar scroll seperti 360. Jadi pilihan tersebut harus dilakukan pada awalnya.

Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

Pertama buka image di photoshop, jangan takut gambar tersebut rusak, karena belum menggunakan 360 workspace. Lanjutkan dengan mengaplikasikan ke seluruh gambar, termasuk di dalamnya, beberapa menu adjustment seperti exposure, saturation, dan konversi BW, sama seperti seperti saat Anda mengotakatik menu Filters, seperti unsharp mask atau memberi efek foto menjadi lukisan cat minyak (oil painting).

Jika Anda ingin memberikan banyak adjustment pada gambar, maka jangan menggunakan satu layer saja. Termasuk menggunakan teks atau shapes yang perlu diconvert terlebih dulu. Jika kamu menggunakan beberapa layer, gunakan flatten the image sebelum melanjutkan langkah, jika tidak semua efek atau perintah itu akan hilang begitu saja.

Setelah selesai adjustment, Anda baru melanjutkan ke ruang 360 workspace.

2. Langkah merender gambar dengan menggunakan layer 360.

Langkah selanjutnya, Anda akan bekerja di format 360, agar gambar nanti bisa di scroll. Dengan menggunakan tampilan ini lebih mudah untuk mengaplikasikan local adjustment, dan mempertahankan format 360 setelah export nantinya.

Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

Untuk mengubah foto ke layer 360, pastikan menggunakan foto original dengan memilihnya di layer panel. Kemudian pilih ke menu 3D > Spherical Panorama > New Panorama dari layer yang terpilih. Kemudian klik.

Setelah mengkilik, Anda akan mendapatkan dialog pop-up dimana Anda dapat mengubah ukuran layar untuk melihat gambar dengan scroll. Tidak perlu melakukan universal adjustment dulu, Anda bisa langsung ke menu 3D > Spherical Panorama > import untuk memulai 360 workspace.=

3. Pilih workspace Anda.

3D workspace memiliki tools yang bekerja di format 360, akan tetapi meniadakan sedikit tool seperti healing brush, dodge dan burn. Workspace Anda didukung dengan tools, jadi jangan kuatir salah pilih. Anda selalu bisa beralih antara workspace dengan membuka Window> Workspace.

4. Gunakan toolbox untuk adjustments.

Ada Clone tool, digunakan untuk menyalin gambar dan paint over lalu membuangnya dari foto. Healing Brush tool, memiliki versi yang lebih smart dari clone tool, dengan memadukan penyesuaian area sekitar. Tool ini lebih lambat dibanding clone tool, jadi Anda bisa menghilangkan sebanyak mungkin obyek yang tidak perlu melali clone tool, kemudian baru menggunakan healing brush.

Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

Dodge tool : berfungsi untuk mencerahkan area pada gambar

Burn tool : berfungsi untuk menggelapkan area pada gambar

Bekerja dengan obyek foto 360 menggunakan banyak space, jika komputer Anda terasa lambat atau berat, maka coba tutuplah program lain sebelum editing.

5. Export gambar.
Saat Anda ingin export gambar, Anda tidak bisa lakukan dengan perintah save. Setelah editan selesai, jangan save terlebih dahulu. Kembali ke menu 3D> Spherical Panorama > Export Panorama.

Ini cara edit hasil foto 360 di Photoshop, biar makin Instagramable

Jika Anda menggunakan opsi export, gambar bakal memiliki kemampuan scroll around, dan tentunya kompatibel dengan headset VR. Jika Anda perlu untuk mengedit kembali gambar itu, simpanlah dengan format PSD, lalu pilih opsi export saat selesai editing.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red