Indonesia sangat kaya akan tanaman obat dan rempah-rempah yang membuatnya dikenal dengan "Tanah Surga". Para nenek moyang kita sering memanfaatkan tanaman untuk mengobati berbagai penyakit, bahkan sampai saat ini masih ada sebagian orang yang memanfaatkannya. Tanaman obat kebanyakan diolah menjadi jamu atau biasa disebut dengan ramuan tradisional.Khasiatnya sangat beragam, yaitu untuk membantu menghilangkan jerawat, kanker, obat batuk, untuk kesehatan kulit, dan permasalahan pada kesehatan lainnya.

Berbicara mengenai kesehatan kulit, pasti setiap orang mengigninkan kulitnya terawat, sehat, bersih, dan cantik. Nah, maka dari itu di sini akan membahas tentang 3 jamu dari rempah yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit kamu. Apa saja rempah tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Wedang jahe.

Ingin memiliki kulit sehat, coba konsumsi 3 jamu ini

Yang pertama ada wedang jahe, yaitu ramuan yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita serta punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Sudah jelas bahwa ramuan ini bahan dasarnya menggunakan jahe yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Nah, selain untuk mengobati batuk, ternyata jahe bisa juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Di antaranya seperti menghilangkan jerawat, mengontrol wajah berminyak, dan sebagai masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Jamu beras kencur.

Ingin memiliki kulit sehat, coba konsumsi 3 jamu ini

Jamu ini nampaknya memang cukup terkenal, apalagi di darah Jawa Tengah yang sampai saat ini masih sering digunakan untuk perawatan kulit. Rasa manis, segar, dan hangat ini memang menjadi andalan bagi orang jawa untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan beras kencur ini sering dijadikan bahan utama pada beberapa produk kecantikan, terutama untuk memutihkan wajah. Maka dari itu, dengan mengonsumsi jamu ini maka secara otomatis kulit akan terhindar dari penyakit kulit.

3. Jamu kunyit asam.

Ingin memiliki kulit sehat, coba konsumsi 3 jamu ini

Bagi wanita tentunya sudah tahu manfaat dari kunyit asam, yaitu untuk meredakan rasa nyeri ketika datang bulan. Tapi jamu kunyit asam juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk kesehatan kulit, di antaranya menghaluskan, melembapkan, dan mencerahkan kulit secara alami. Di samping dapat menjaga kesehatan kulit, jamu kunyit asam juga bisa membantumu dalam menjalani proses diet. Jadi kamu tidak akan menyesal bila mengonsumsinya setiap hari.

Itulah ketiga bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu merawat kesehatan kulitmu.