×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari makan berlebihan, ini 4 bahayanya bagi kesehatan

0

Kesehatan

Hindari makan berlebihan, ini 4 bahayanya bagi kesehatan

Foto: Free-Photos dari Pixabay

Tahukah kamu jika makan berlebihan dianggap sebagai gangguan? Apa saja bahaya yang mengintai ketika makan berlebihan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ronny Forta

29 / 01 / 2020 11:05

Makanan biasanya begitu menggiurkan dan menjadi salah satu godaan yang tak dapat ditahan, sehingga kamu makan terlalu berlebihan dan tidak secukupnya. Dikutip dari Boldsky, dalam keadaan perasaan sedih ataupun sedang marah, bahkan saat merasa sangat lapar, kamu tak sadar kalau sudah makan berlebihan. Apa sih bahayanya makan berlebihan?

1. Menimbulkan gas di perut.

Lambung tidak boleh diisi terlalu penuh dengan makanan sebab enzim pencernaan nantinya tidak dapat mencerna seluruh makanan. Akibatnya makanan yang masuk ke usus akan salah dicerna lalu dapat menimbulkan gas. Inilah kenapa mungkin kamu merasa perut menjadi kembung bahkan muntah ketika kita kekenyangan.

2. Membuatmu mudah mengantuk.

Semakin banyak makanan yang masuk, maka saluran pencernaan semakin bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Ketika organ pencernaanmu dipaksa untuk bekerja lebih keras dari biasanya, maka seluruh energi yang ada di tubuh menjadi terserap dan mengakibatkan tubuhmu akan merasa lemas dan timbul rasa kantuk.

Loading...

3. Masalah asam lambung. 

Rasa nyeri seperti terbakar atau heartburn akibat terlalu banyak makan biasanya terjadi karena adanya reaksi asam dalam tubuh. Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau cairan dan isi lambung naik kembali ke kerongkongan sehingga mengiritasi dinding kerongkongan. 

4. Meningkatkan berat badan.

Bagaimana jika kamu terus menerus makan banyak? Tubuh akan merespons dengan melakukan adaptasi. Jika kamu biasa kenyang dengan sekepal makanan, lalu suatu saat makan dua kepal, tubuh akan melakukan adaptasi. Awalnya akan ada penolakan dan reaksi, tapi selanjutnya akan beradaptasi. Inilah yang membuatmu menjadi gemuk.

Jadi, makanlah secukupnya. 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red