×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari konsumsi buah dan sayuran ini agar puasa lebih nyaman

0

Kesehatan

Hindari konsumsi buah dan sayuran ini agar puasa lebih nyaman

https://www.pexels.com/photo/variety-of-vegetables-1458694/

Buah dan sayuran ini diklaim bisa menyebabkan gas dan naiknya asam lambung.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

14 / 05 / 2019 15:00

Makan sayur dan buah memang dianjurkan selama Ramadan. Selain kaya serat yang baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga kaya vitamin agar tubuh kita tetap fit selama Ramadan. 

Mungkin selama ini kita mencap semua buah dan sayur baik dikonsumsi, namun ada pengecualian saat kita puasa. Buah dan sayur berikut diklaim bisa menyebabkan gas dan naiknya asam lambung.

Dilansir dari cnnindonesia.com, buah berikut ini baiknya dihindari karena dapat mengakibatkan naiknya asam lambung.

Hindari konsumsi buah dan sayuran ini agar puasa lebih nyaman

Gambar: i2.wp.com/rumahtanaman.com

Loading...

1. Mangga muda.

Mengonsumsi mangga saat Ramadan sah-sah saja, asalkan bukan mangga yang masam. Jika mangga yang masam dikonsumsi saat berbuka/ kondisi perut kosong dikhawatirkan dapat menimbulkan rasa perut tidak nyaman seperti naiknya asam lambung. Baiknya memilih mangga manis sbagai campuran takjil. Kalaupun memakai mangga masam baiknya tidak terlalu banyak.

2. Nangka.

Nangka memang punya rasa yang manis dan tekstur buah yang pas, tidak terlalu lembek maupun keras. Namun ada baiknya kamu tidak mencampurkan banyak nangka ke takjil. Buah ini diklaim mengandung gas sehingga bisa menimbulkan perut kembung, diare, serta ingin kentut terus-menerus. 

3. Kedondong.

Hampir mirip dengan mangga muda, kedondong memiliki karakter rasa asam dan bahkan kadang bisa lebih asam daripada mangga muda. 

4. Durian.

Buah dengan julukan raja buah ini memang terbilang punya banyak penggemar. Takjil seperti es dawet durian maupun es kolak durian memang sangat menggoda. Namun durian mengandung gas yang bisa memicu asam lambung naik jika dikonsumsi saat perut kosong. 

5. Jeruk nipis.

Disajikan dalam bentuk es jeruk saja rasanya sudah segar. Perpaduan asam manis dan dinginnya es membuat kita merasa ingin lagi. Namun es jeruk nipis tidak cocok dijadikan pembuka puasa karena rasanya yang asam dikhawatirkan bisa memicu asam lambung naik.

 

Sama halnya dengan buah, sayur berikut baiknya dihindari menjadi santapan selama Ramadan karena diklaim mengandung gas yang dapat membuat asam lambung naik. Dikutip dari gadis.co.id, berikut sayuran yang baiknya dihindari saat Ramadan.

Hindari konsumsi buah dan sayuran ini agar puasa lebih nyaman

Gambar: hellosehat.com  

1. Kol.

Sayuran yang banyak dijadikan campuran pada menu kuah dan rebus ini ternyata mengandung banyak gas. Walau kol mengandung banyak vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, kalium, ripoflavin dan asam folat, namun baiknya tidak terlalu sering dikonsumsi selama Ramadan.

2. Kangkung.

Oseng kangkung merupakan menu sederhana yang mungkin sering dimasak karena tidak ribet. Kangkung mengandung zat besi, namun sayur ini kurang tepat jika dikonsumsi saat puasa karena banyak mengandung zat kapur yang bisa menyebabkan asam urat.

3. Sawi putih.

Sayur ini sering dijadikan menu kuah dan tumis. Manfaat sawi putih di antaranya membantu mengatasi sakit maag, infeksi bakteri, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Namun sayur ini mengandung banyak gas dan tidak dianjurkan terlalu sering dikonsumsi saat Ramadan.

 

Itulah daftar buah dan sayur yang baiknya tidak dikonsumsi selama Ramada. Jika kalian penggemar berat salah satu dari daftar di atas, kamu tetap boleh mengonsumsi, namun jangan terlalu banyak dan sering. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red