Otak adalah organ saraf yang berfungsi sebagai pengendali seluruh fungsi tubuh manusia. Otak pun dapat membuat manusia berpikir dan memecahkan masalah, oleh karena itu otak harus dijaga dengan baik. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat merusak otak dan harus dihindari.

1. Kurang tidur.

Saat tidur, otak juga sedang beristirahat karna sudah seharian bekerja. Sehingga ketika kurang tidur dapat membuat kerusakan pada selsel otak.

2. Tidak sarapan.

Orang yang tidak sarapan berisiko pendarahan otak. Fungsi otak dapat ditingkatkan secara signifikan dengan makanan bervitamin dan banyak nutrisi diberikan setiap pagi secara teratur dalam bentuk sarapan.

3. Banyak makan.

Makan berlebihan dan kurangnya gizi, vitamin, dan nutrisi dapat mengurangi kinerja otak. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi yang berhubungan dengan otak seperti demensia dan volume otak rendah.

4. Telpon selular atau smartphone.

Radiasi dari telpon atau smartphone dapat mengakibatkan kebingungan dan sakit kepala, kanker, dan termasuk tumor otak. Hal ini juga ditegaskan dengan jelas dalam penelitian the Potential Impact Of Mobile Phone Use On Tren In Brain and CNS Tumors.

5. Merokok.

Merokok dapat jadi penyebab kerusakan pada viabilitas neuron dan membran sel di otak tengah serta pada membran sel vermis serebelar.

6. Kebanyakan gula.

Asupan gula tinggi dapat menyebabkan masalah tertentu pada setiap sel, jaringan, dan organ tubuh lainya serta sistem saraf pusat. Selanjutnya, penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubunganya yang kuat antara asupan gula berlebih dari penyakit Alzheimer.

7. Menutup kepala saat sedang tidur.

Saat kamu tidur jangan menutupi kepala dengan bantal atau sprei karena akan ada penumpukan oksigen dan karbondioksida di bagian kepala. Bila kedua gas tersebut terkosentrasi di satu daerah, menghirupnya bisa menyebabkan efek merusak otak.