Dubes di Indonesia untuk Meksiko,Yusra Khan mengatakan Indonesia patut berbangga karena di Meksiko memiliki 3 Sekolah Dasar yang bernamakan Indonesia. Dari pemberian nama 'Indonesia' pada ketiga sekolah tersebut marupakan bukti dari kedekatan Indonesia dengan Meksiko.

Indonesia dijadikan nama 3 sekolah dasar di Meksiko, bikin bangga

Dalam acara makan siang Dubes Yusra Khan mengundang ketiga kepala sekolah tersebut, Escuela de la Republica de Indonesia di daerah Tacuba - Mexico City (Sekolah Indonesia - Tacuba), sekolah Escuela de la Republica de Indonesia di daerah Itzapalapa - Mexico City (Sekolah Indonesia - Itzapalapa), dan sekolah Colegio Indonesia di daerah Coacalco, Estado de Mexico.

Dalam Pertemuan sekaligus makan siang yang berlangsung di KBRI Meksiko, Yusra Khan menawarkan untuk menyelanggarakan beberapa kegiatan bagi murid-murid ketiga sekolah itu. Di antaranya Pelatihan Kesian dan Budaya,Pelatihan Tradisi, Musik dan Lagu Nusantara, serta pengajaran Bahasa Indonesia. Tawaran tersebut direspons baik oleh kepala sekolah serta 12 guru dari ketiga sekolah tersebut.

"Sudah waktunya kegiatan pelatihan tari, pengenalan musik dan lagu, serta pengajaran bahasa Indonesia digiatkan kembali agara murid-murid lebih memahami tentang Indonesia," tutur Yoxtalepetl Escamilla Olguin,Kepala Sekolah Colegio Indonesia.

Data pelajar yang ada di Sekolah Indonesia - Tacuba berjumlah 161 siswa, 500 siswa di Sekolah Indonesia - Itzapalapa, dan 449 siswa di Sekolah Colegio Indonesia. Ketiga sekolah ini juga tercatat memiliki banyak prestasi di bidang pendidikan dan kesenian/kebudayaan.