Puasa sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika cara berpuasamu salah serta terlalu membiarkan diri untuk malas bergerak, justru penyakit akan mudah datang. Bahkan, tubuh jadi semakin rentan apabila asupan makanan dan minuman tidak kamu perhatikan.

Berpuasa tentu akan membuat tubuh kekurangan asupan mineral, kalori serta vitamin. Seharusnya, itu bisa kamu penuhi pada saat berbuka dan sahur, apabila makanan dan minuman yang kamu konsumsi tepat. Pembakaran lemak dan pembuangan racun dari dalam tubuh pun menjadi kurang maksimal, jika kamu malas bergerak ketika berpuasa.

Dilansir dari cnnindonesia.com (25/5/18), berikut ini beberapa penyakit yang bisa saja menyerang ketika kamu berpuasa namun tidak memperhatikan kesehatan.

1. Sakit pinggang.

Kamu mesti waspada, 4 penyakit ini sering datang saat puasa

Foto: tribunnews.com

Ketika berpuasa kamu rentan mengalami sakit pinggang. Penyebabnya sederhana, ketika berpuasa biasanya kamu cenderung malas untuk bergerak. Tubuh dan otot-otot menjadi kaku termasuk di daerah pinggang. Hal itulah yang memicu munculnya sakit pinggang.

2. Dehidrasi.

Kamu mesti waspada, 4 penyakit ini sering datang saat puasa

Foto: timesindonesia.co.id

Asupan cairan sudah pasti berkurang ketika kamu sedang berpuasa. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk mencukupi kebutuhan cairan ketika berbuka puasa, yaitu pada malam hari dan pada saat sahur. Jika tidak, maka tubuhmu akan mengalami dehidrasi.

3. Tekanan darah rendah.

Kamu mesti waspada, 4 penyakit ini sering datang saat puasa

Foto: sehatmagz.com

Apabila tubuh mengeluarkan keringat berlebih, tubuh lemah, lesu dan letih, maka kemungkinan besar itu adalah gejala tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, meskipun berpuasa kamu tidak boleh bermalas-malasan. Aktivitas tetap harus kamu lakukan seperti biasa, agar tubuh tetap bergerak aktif dan tidak lemas.

4. Batu ginjal.

Kamu mesti waspada, 4 penyakit ini sering datang saat puasa

Foto: goldokter.com

Inilah penyakit paling berbahaya yang harus kamu hindari. Oleh sebab itu, kebutuhan akan asupan air putih tetap harus tercukupi setiap harinya, meskipun kamu sedang berpuasa. Batu ginjal akan berpotensi muncul jika tubuh kekurangan cairan.