×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hati-hati, ini ciri-ciri online shop yang melakukan penipuan

0

News

Hati-hati, ini ciri-ciri online shop yang melakukan penipuan

Yuk, mulai jadi konsumen yang cerdas dan lebih teliti.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hanifah Ist

13 / 09 / 2018 17:13

 

Di era digital seperti sekarang ini, ingin melakukan apapun sangatlah mudah. Termasuk belanja, baik jasa maupun barang. Belanja kini sudah dapat dilakukan melalui internet. Platform yang ada seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, bahkan Instagram pun sangat memudahkan ketika ingin belanja sesuatu. 

Tetapi, sayangnya tak semua online shop memiliki atau menjunjung tinggi kejujuran. Hal seperti inilah yang menjadikan orang berpikir dua kali ketika ingin belanja melalui online shop. Kali ini saya akan memberitahukan beberapa indikasi online shop yang tidak jujur, terutama di platform Instagram.

1. Off comment.

Ini merupakan salah satu ciri yang paling mudah dilihat. Alasan mengapa section comment pada foto atau feeds online shop tersebut dinonaktifkan bukan karena owner yang malas melihat notifikasi yang banyak bermunculan, tetapi supaya para korban jualan sebelumnya tidak dapat mengomentari atau membuka kedok si pelaku alias penjualnya ini. Hal ini sangat mudah ditemukan pada online shop gadget, terutama yang sangat murah dan menyebut dirinya sebagai online shop yang amanah. 

Loading...

2. Testimoni dan bukti transfer.

Biasanya testimoni yang di-upload oleh penjual hanyalah sampai berupa deal antara dia dan pembeli. Si penjual tidak meng-upload testimoni dari pembeli ketika barang sudah di tangan, karena sebenarnya barang tersebut tidaklah sampai ke tangan pembeli. Kalau pun ada, itu merupakan testimoni curian. Selain itu dapat dilihat pada bukti transfer yang terkadang di-upload oleh penjual, dia selalu menyensor rekening miliknya. Pada umumnya, online shop yang jujur tidaklah menutup-nutupi nama rekening aslinya. Bahkan tidak jarang kita lihat mereka menaruhnya pada bio section

3. Ada orang "Pajak" yang menghubungi.

Indikasi yang ketiga ini dapat ditemukan pada online shop yang menjual barang black market. Perlu diingat bahwa orang pajak itu bekerja di bawah pemerintah. Mereka tak akan mungkin mendekati seseorang dengan cara yang tidak resmi seperti lewat WhatsApp dan menggunakan nomor handphone. Biasanya mereka akan meminta untuk transfer uang yang katanya untuk menjadikan barang illegal yang kita beli menjadi legal. Ditambah, mereka mengatakan bahwa uang akan kembali dalam beberapa saat. Hal ini sudah sangat jelas terlihat merupakan tindakan yang tak resmi dan tak akan mungkin dilakukan oleh orang-orang pemerintah. Berhati-hatilah, jangan pernah mau transfer ke siapapun!

Nah, itulah beberapa indikasi bahwa online shop itu tidak jujur dan menipu. Semoga bermanfaat!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red