×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hanya 6 KK di tengah hutan, Kramat jadi dusun terpencil di Sugihmanik

0

Komunitas

Hanya 6 KK di tengah hutan, Kramat jadi dusun terpencil di Sugihmanik

Dusun tersebut belum dialiri listrik PLN dan kekurangan sumber air bersih saat musim kemarau bahkan saat musim penghujan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Isa Mahendra

12 / 02 / 2020 13:40

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim I Tahun 2020 melakukan kegiatan survey yang dilakukan saat minggu pertama ke Dusun Kramat, Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan. Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu (04/01/20) mulai dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Perjalanan menuju Dusun Kramat didampingi oleh Pak Teguh sebagai polisi hutan yang sedang bertugas di Desa Sugihmanik. Kendaraan yang digunakan untuk menuju dusun tersebut menggunakan mobil off road miliknya.

Hanya 6 KK di tengah hutan, Kramat jadi dusun terpencil di Sugihmanik

Berbeda dengan kegiatan survey sebelumnya, kali ini kami mengunjungi dusun yang terbilang susah untuk diakses kendaraan bermotor biasa. Hal yang membuat berbeda adalah akses jalan menuju dusun tersebut sangat susah diakses meskipun dalam keadaan kering. Waktu yang dibutuhkan juga lama karena medan yang susah.

Perjalanan kami dimulai melalui jalur yang berada di Kecamatan Kedung Jati. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju dusun tersebut sekitar 30 menit, bisa jadi lebih lama apabila jalan yang dilewati berlumpur akibat hujan yang mengguyur.

Loading...

Hanya 6 KK di tengah hutan, Kramat jadi dusun terpencil di Sugihmanik

Banyak hal berbeda dari dusun-dusun lain yang ditemui. Jumlah KK (Kepala Keluarga) yang berada di dusun tersebut hanya berjumlah enam KK. Di mana di dusun tersebut belum dialiri listrik PLN dan kekurangan sumber air bersih saat musim kemarau bahkan saat musim penghujan. Terlebih pula akses jalan yang tidak layak sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian yang ada pada dusun tersebut.

Foto

Dengan mengetahui keadaan tersebut, diharapkan pemerintah setempat dapat lebih memperhatikan dusun tersebut. Tak lupa pula semoga kontribusi pengabdian dari Mahasiswa Tim I KKN Undip Tahun 2020 dapat memberikan dampak yang positif bagi warga di Dusun Kramat.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red