Setiap orang yang mencari kerja entah baru lulus sekolah maupun sudah berpengalaman kerja ketika akan melamar kerja di tempat baru tentunya berhadapan dengan yang namanya HRD. Pada level di mana akan diterima, kamu akan ditanya hal paling penting, yaitu salary. Di sini skill untuk menego salary sangat penting karena jangan sampai kamu menyesal ketika sudah berkerja dan merasa beban pekerjaan lebih besar daripada salary yang didapat. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus benar-benar kamu siapkan, yaitu dengan mengenal trik HRD menego salaryatau gaji.

1. Kamu masih baru lulus.

Biasanya HRD ketika menerima orang yang baru lulus dan belum ada pengalaman akan menego salary agak ke bawah. "Kamu kan baru lulus belum ada pengalaman dari pekerjaan ini". Nah kamu bisa membalas perkataan tersebut dengan menunjukan hasil tes yang bagus bila memang ada tes seperti tes psikologi, tes matematika atau tes skill akademik. Sebelum bertemu HRDada baiknya kamu sudah memcari berapa salary rata-rata untuk pekerjaan yang kamu lamar berdasarkan lulusan seperti SMA / D3 / S1, dll. Pastikan juga bahwa kamu memang benar-benar bisa mengerjakan soal-soal tesnya.

2. Kamu masih baru di sini.

HRD akan beralasan bahwa kamu masih baru di tempat kerja ini sehingga dia tak tahu kualitas kerja kamu seperti apa sehingga HRD tak bisa memberikan salary seperti yang kamu harapkan biarpun kamu sudah punya pengalaman kerja. Untuk membalas alasan seperti, biasanya di awal sebelum proses interview kamu akan disuruh mengisi nomor telepon dan nama atasan di tempat kerja kamu sebelumnya. Nah, di sini kamu bisa minta HRD untuk mengecek kualitas kerja kamu di kantor kamu dulu kerja.

3. Perusahaan skala kecil.

Nggak bisa disalahkan kalau memang rata-rata perusahaan kecil tak bisa memberikan salary tinggi sesuai harapan kamu atau nilai dari skill yang kamu punyai. Nah, agar kamu dibayar tinggi, jangan melamar ke perusahaan kecil, karena besar kemungkinan mereka akan ragu-ragu dengan salary yang kamu mau.

4. List pekerjaan di kantor baru.

Ketika kamu melamar pekerjaan entah dari koran atau website tentunya perusahaan mencantumkan list perkerjaan yang akan menjadi tanggung jawab kamu nantinya bila diterima. Nah, ketika nego salary, kamu bisamenyebutkan list pekerjaan kamu apa saja agar kamu bisa mendapatkan bayaran yang sesuai. Semakin banyak pekerjaan yang harus kamu buat artinya semakin banyak tanggung jawabmu.

5. Menyamarkan nama pekerjaan.

Adakalanya di lowongan kerja tercantum Admin, di mana pekerjaan tersebut menggambarkan suatu perkejaan yang memiliki makna mudah dan tak memiliki tingkat kesulit tinggi, makanya biasanya dibayar murah. Padahal seperti no.4, biar pun lowongan kerja untuk posisi Admin, tapi seringkali list perkerjaan bisa saja campur dan tak hanya pekerjaan Admin saja tapi meliputi purchasing dan financial, bahkan ada yang sampai ke akuntansi. Jadi kalau tanggung jawabnya banyak, sudah sepantasnya kamu bisa nego salary lebih tinggi karena 3 pekerjaan (admin, purchasing, financial/akunting ) digabung jadi satu.