Bertengkar dengan sang kekasihjelas-jelas bisa bikin perasaan kita jadi enggak banget. Rasa sebal sampai terbawa saat melakukan hal apapun. Kita pun jadi malas mau ngapa-ngapain.

Selain kejadian itu, ada banyak hal sepele lain yang meski kecil dan terlihat bombastis tapi gampang banget ngerusak mood. Berikut di antara hal-hal itu.

1. Ogah minum air

Alias ogah minum air putih yang berujung pada dehidrasi. Bahkan, dehidrasi ringan pun (seperti rasa haus biasa) ternyata bisa bikin diri kita jadi beringas dan gelisah. Setidaknya ini penemuan dari British Journal of Nutrition.

2. Habis bayar tagihan

Bayar langganan televisi kabel ternyata bisa bikin emosi jadi naik. Tapi bagaimana kita membayangkan sejumlah uang untuk beberapa menit bisa bikin rasa jadi nggak asyik. Itu studi dari Psycological Science.

Ya, kita membayangkan sejumlah uang yang tersisa dalam isi ATM atau tabungan aslinya bisa bikin kita jadi tertekan dan jadi nggak produktif.

3. Nontoh film seharian penuh

Karena semua teman geng sedang ada acara, alhasil tak ada teman untuk ke mal dan akhirnya jadi malas keluar rumah. Ujungnya-ujungnya mager di kamar atau ruang tamu seharian.

Nonton di rumah seharian ternyata bikin fisik tak baik. Hal itu juga bisa pengaruhi mood atau rasa kita. Itu penemuan dari American Public Health Association.

4. Ngemil semua camilan

Mengingat semua makanan pabrikan itu punya kandungan karbo yang wah. Maka dari itu ngemil camilan banyak bikin tubuh pun membengkak.

Nah, karena tubuh membengkak tersebut berisi minyak hidrogen, lemak, dan lain sebagainya. Hal ini otomatis bikin sel-sel darah terpengaruh dan bikin kondisi badan nggak enak.

5. Duduk bungkuk terus

Tubuh yang membungkuk terus-terusan bisa bikin kepala tertekan dan rasa jadi nggak enak. Tentunya ini bukan asal bunyi, tapi dari studi yang dilakukan Health Psychology.