Kegiatan gaming emang gak pernah ada matinya. Bahkan saat teknologi belum canggih kayak sekarang, sudah muncul tren game tiap tahunnya yang digemari para gamer. Baik yang dimainkan melalui konsol game, mobile, hingga laptop. Meski saat ini jumlah pemain pada perangkat mobile terus meningkat, gak terbantahkan kalau masih banyak pemain game yang belum bisa lepas dari perangkat laptop.

Hal ini terjadi karena perangkat mobile dianggap punya keterbatasan pada ketersediaan aplikasi permainan di Play Store atau App Store. Begitu pula dengan console, game di Playstation 1 misalnya, gak bisa dimainkan di Playstation 2. Gak heran kalau laptop masih jadi idola bagi para gamer.

Melihat minat masyarakat akan laptop gamingyang masih cukup besar, beberapa produsen laptop pun berlomba-lomba dalam memasarkan produk laptopgaming terbaru mereka dengan performa maksimal untuk para gamers Indonesia. Buat kamu yang mau membeli laptop gamingpun tentunya gak bisa sembarangan membeli. Jika salahmemilih laptop bisa membuat kocekmu terbuang sia-sia karena pengalaman bermain game yang terganggu. Misalnya saja karena kamu memilih laptop dengan kualitas grafis kurang, sedangkan game yang kamu mainkan mempunyai grafis tinggi.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming, terutama untuk kamu yang baru terjun menjadi seorang gamer.

1. Prosesor.

Sebelum memilih laptop, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian prosesor. Pilihlah prosesor Core i5 ke atas kalau prosesor laptopmu memakai prosesor Intel. Pilih juga prosesor dengan versi M, bukan versi U karena jenis U biasanya diperuntukkan kegiatan ringan saja.

Tak kalah penting juga untuk memperhatikan kecepatan prosesor yang disebut dalam satuan GHz. Semakin tinggi angka GHz ini, maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut. Kalau kamu punya dana terbatas, laptop dengan prosesor Intel Core i5 generasi Skylake bisa jadi pilihanmu.

2. VGA.

Kualitas grafis dari kartu grafis (VGA) juga harus diutamakan saat membeli laptop. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas dari VGA tersebutlah yang akan memengaruhi tampilan dan kualitas gambar saat kamu bermain game, terutama untuk game dengan skala berat.

Jika game yang kamu mainkan mempunyai grafis berat sedangkan kualitas grafis pada laptop kurang bagus, tampilan video game akan patah-patah. Sejauh ini terdapat dua vendor kartu grafis untuk pasar laptop gaming, yaitu nVidia GeForce dan AMD Radeon. Untuk bermain game berat, nVidia GeForce lebih disarankan.

3. Layar.

Tampilan game tentunya akan memengaruhi pengalaman bermain kamu. Bukan hanya mengandalkan kartu grafis, kualitas layar laptop juga akan berpengaruh. Sebisa mungkin pilihlah laptop dengan ukuran minimal 14 inch dan resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sempurna.

4. RAM.

Sama seperti prosesor, peran RAM pada laptop gaming juga sama-sama penting. Selain mempercepat kerja game, RAM berfungsi untuk menyimpan grafis game yang sedang dimainkan. Untuk itu, pilihlah RAM dengan kapasitas minimal sebesar 4 GB, apalagi jika game yang biasa dimainkan adalah game berat.

Perhatikan juga apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan untuk upgrade RAM atau tidak. Sebab ketika kamu mulai merasa bahwa RAM yang tertanam kurang memadai, kamu bisa menambah lagi kapasitas RAM tersebut tanpa harus mengganti laptop.

5. Hardisk.

Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Ketika kamu menyimpan permainanmu, ruang kosong pada hardisk lah yang akan terpakai. Sebelum kredit laptop, pilihlah hardisk dengan kapasitas besar, karena game yang dimainkan di laptop biasanya akan membutuhkan ruang yang sangat besar.

Laptop dengan kapasitas hardisk 500 GB sudah cukup untuk menyimpan banyak data. Kalau bujetmu untuk kredit laptop cukup besar, kamu bisa memilih laptop dengan hardisk SSD, yang mampu membuat game yang dimainkan akan terasa baik performanya.