Fenomena gerhana bulan akan menampakkan keindahannya lagi diakhir bulan januari 2018. Tetapi ada yang berbeda dari gerhana bulan biasanya dan yang sudah terjadi pada 1 Januari 2018 lalu. Fenomena ini disebut super blood moon dikarenakan dalam satu momen akan terjadi 3 fenomena bulan sekaligus yaitu super moon, blue moon, dan gerhana bulan.

Fenomena langka Super Blood Moon akan terjadi di penghujung Januari

foto : pinterest.com

Fenomena yang sangat langka yang tidak pernah terjadi selama 150 tahun. Dilansir dari Space.com Rabu (17/01/2018), gerhana total blue moon terakhir terjadi pada 31 Maret 1866. Fenonomena super blood moon akan terlihat jelas dikawasan Selandia Baru, Australia, Asia Tengah dan Timur, dan khususnya wilayah Indonesia.

Fenomena langka Super Blood Moon akan terjadi di penghujung Januari

foto : dailymail.co.uk

Saat fenomena ini terjadi cahaya biru akan memantul jauh dari bulan lalu cahaya merah akan tercermin dari bulan. "Kami melihat semua matahari terbit dan terbenam pada saat itu tercermin di permukaan bulan," ungkap Sarah Noble, Ilmuwan program di markas NASA dikutip dari Phys.org, pada Rabu (17/01/2018).

Fenomena langka Super Blood Moon akan terjadi di penghujung Januari

foto :wordpress.com

Cahaya merah akan terlihat dari bulan yang merupakan hasil dari cerminan matahari terbit dan terbenam secara bersamaan, sehingga fenomena ini disebut super blood moon atau bulan darah.