×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

0

Jalan-Jalan

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

Tempat tersebut bernama Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yuma~

12 / 05 / 2018 12:08

Bisakah kamu mengeja Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu? Atau pernakah kamu mendengar tempat ini? Nama ini merupakan panggilan sebuah bukit yang tepatnya terdapat di bagian selatan Waipukurau, selatan Hawke's Bay, di Selandia Baru. Bukit ini menjadi tempat dengan nama panggilan terpanjang di dunia. Akibat begitu panjangnya nama tersebut, orang-orang pun susah mengucapkannya sehingga sering menyebutnya dengan nama panggilan bukit Taumata.

Dibalik pengucapannya yang sangat rumit, ternyata bukit ini punya fakta-fakta unik. Apa sajakah itu? Berikut 5 fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia ini.

1. Penduduk setempat ahli dalam mengucapkan tempat ini

Jika penduduk di sana lancar mengucapkan tempat yang namanya dengan super panjang ini, bagaimana denganmu? Susah-susah gampang dan perlu latihan keras nih. Nah untuk orang lokal, mereka lancar mengucapkannya sebab penduduk setempat di sana rajin berlatih sejak kecil. Bahkan sanak keluarga dari penduduk di sana jika datang berkunjung, mereka juga susah melafalkannya.

Loading...

2. Sengaja dibuat lagu untuk belajar menghafalkan namanya

Masyarakat sekitar melagukan nama tempat ini agar mereka bisa menghafalkannya. Ada banyak versi lagu ini, bahkan siswa di sekolah belajar menyanyikan lagu ini.

3. Sengaja diberi plang untuk menarik wisatawan

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

foto: Wikipedia.org

Sebuah plang yang tertulis nama ini didirikan sekitar 11 tahun yang lalu untuk mencoba membuat daerah itu lebih menonjol dan menarik wisatawan.

4. Dinamai untuk mengenang jasa Tamatea

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

foto: Pinterest.com

Adapun nama panjang dari bukit ini mempunyai makna sebuah nama yang menunjukkan bukit di mana Tamatea, kepala suku dengan perawakan fisik yang besar dan terkenal, di mana ia biasanya memainkan ratapan dengan serulingnya untuk mengenang saudaranya. Atau dalam versi lain di sebut juga karena buit tersebut adalah puncak di mana Tamatea, lelaki berlutut besar, yang meluncur ke bawah, memanjat ke atas dan menelan pegunungan yang ada di sekelilingnya, memainkan seruling hidungnya kepada orang yang dicintainya. Pemberian nama tersebut didasarkan atas legenda Tamatea, dikisahkan bahwa kepala dan penjelajah terkenal ini memainkan seruling di puncak bukit untuk mengenang saudaranya yang gugur dalam pertempuran. Untuk mengenang jasa dan perjuangan Tamatea, warga setempat menamakan bukit ini dengan nama yang panjang itu.

5. Ada nama dengan versi lain yang lebih panjang

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susahfoto: Flickr.com

Seperti dikutip dari sumber Wikipedia, Taumatawhakatangihangakoauauotamateaurehaeaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu" memiliki 92 huruf. Namun rupanya, bukit ini masih memiliki versi yang lebih panjang yaitu "Taumata-whakatangihanga-koauau-o-Tamatea-haumai-tawhiti-ure-haea-turi-pukaka-piki-maunga-horo-nuku-pokai-whenua-ki-tana-tahu" yang memiliki 105 huruf. Wah makin panjang aja dong ya namanya? Gimana kamu tertarik nggak buat berkunjung ke bukit yang unik ini?

Source

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red