Bisakah kamu mengeja Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu? Atau pernakah kamu mendengar tempat ini? Nama ini merupakan panggilan sebuah bukit yang tepatnya terdapat di bagian selatanWaipukurau, selatanHawke's Bay, di Selandia Baru. Bukit ini menjadi tempat dengan nama panggilan terpanjang di dunia. Akibat begitu panjangnya nama tersebut, orang-orang pun susah mengucapkannya sehingga sering menyebutnya dengan nama panggilan bukitTaumata.

Dibalik pengucapannya yang sangat rumit, ternyata bukit ini punya fakta-fakta unik. Apa sajakah itu? Berikut 5 fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia ini.

1.Penduduk setempat ahli dalam mengucapkan tempat ini

Jika penduduk di sana lancar mengucapkan tempat yang namanya dengan super panjang ini, bagaimana denganmu? Susah-susah gampang dan perlu latihan keras nih. Nah untuk orang lokal, mereka lancar mengucapkannya sebab penduduk setempat di sana rajin berlatih sejak kecil. Bahkan sanak keluarga dari penduduk di sana jikadatang berkunjung, mereka juga susah melafalkannya.

2. Sengaja dibuat lagu untuk belajar menghafalkan namanya

Masyarakat sekitar melagukan nama tempat ini agar mereka bisa menghafalkannya. Ada banyak versi lagu ini, bahkan siswa di sekolah belajar menyanyikan lagu ini.

3.Sengaja diberi plang untuk menarik wisatawan

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

foto: Wikipedia.org

Sebuah plang yang tertulis nama ini didirikan sekitar 11 tahun yang lalu untuk mencoba membuat daerah itu lebih menonjol dan menarik wisatawan.

4. Dinamai untuk mengenang jasaTamatea

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah

foto: Pinterest.com

Adapun nama panjang dari bukit ini mempunyai maknasebuah nama yang menunjukkan bukit di mana Tamatea, kepala suku dengan perawakan fisik yang besar dan terkenal, di mana ia biasanya memainkan ratapandengan serulingnya untuk mengenang saudaranya. Atau dalam versi lain di sebut juga karena buit tersebut adalah puncak di mana Tamatea, lelaki berlutut besar, yang meluncur ke bawah, memanjat ke atas dan menelan pegunungan yang ada di sekelilingnya, memainkanseruling hidungnyakepada orang yang dicintainya. Pemberian nama tersebut didasarkan ataslegenda Tamatea, dikisahkan bahwa kepala dan penjelajah terkenal ini memainkan seruling di puncak bukit untuk mengenang saudaranya yang gugur dalam pertempuran. Untuk mengenang jasa dan perjuanganTamatea, warga setempat menamakan bukit ini dengan nama yang panjang itu.

5. Ada nama dengan versi lain yang lebih panjang

5 Fakta unik bukit dengan nama terpanjang di dunia, nyebutin aja susah foto:Flickr.com

Seperti dikutip dari sumber Wikipedia,Taumatawhakatangihangakoauauotamateaurehaeaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu" memiliki 92 huruf. Namun rupanya, bukit ini masih memiliki versi yang lebih panjang yaitu"Taumata-whakatangihanga-koauau-o-Tamatea-haumai-tawhiti-ure-haea-turi-pukaka-piki-maunga-horo-nuku-pokai-whenua-ki-tana-tahu" yangmemiliki 105 huruf. Wah makin panjang aja dong ya namanya? Gimana kamu tertarik nggak buat berkunjung ke bukit yang unik ini?