×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dianggap pemicu perut kembung, kol justru punya 10 khasiat ini

0

N/A

Dianggap pemicu perut kembung, kol justru punya 10 khasiat ini

Manfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

arianda tanjung

13 / 02 / 2019 10:52

Kol merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah untuk didapat dan kerap dihidangkan dalam sejumlah acara. Meski kol termasuk sayuran yang bisa memicu perut kembung, tetapi ada beberapa manfaat kol bagi kesehatan yang akan mengejutkan. Faktanya, ada berbagai kandungan zat gizi yang dikandung oleh kol. Kandungan zat gizi dari kol di antaranya adalah protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin A, kalsium, potasium, zat besi, magnesium, mangan, dan lainnya.

Lantas, di balik gas yang dihasilkannya, ternyata sayuran kol memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Dilansir dari doktersehat.com, berbagai manfaat kol ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh, yakni:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kol memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Vitamin C yang terkandung pada kol membuat tanaman kol termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan.

Kol juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh karena kandungan zat antioksidan. Khasiat kol yang lain melalui kandungan antioksidannya adalah membuang racun dari dalam tubuh, sehingga darah di dalam tubuh akan menjadi bersih karena terbebas dari racun.

Loading...

 

2. Mengobati peradangan dan infeksi.

Manfaat kol ternyata mampu mengobati peradangan dan infeksi. Pasalnya, kandungan sulfur dan glutamin di dalam kol memiliki sifat anti inflamasi yang cukup kuat, sehingga bisa untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi, dan lainnya. Bahkan, kol juga berkhasiat mengobati infeksi karena bisa melawan mikroba penyebab infeksi.

 

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat kol lainnya adalah bisa untuk menjaga dan meningkatkan saluran pencernaan. Meski kol banyak menghasilkan gas, tetapi khasiat kol bagi saluran pencernaan tidak boleh diabaikan. Kol kaya akan serat dan kandungan gizi lainnya. Zat-zat ini bisa mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

 

4. Menjaga kesehatan jantung.

Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya olehmu bila kol berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Tanaman kol memiliki kandungan polifenol yang cukup melimpah. Kandungan polifenol ini bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah.

 

5. Mengontrol tekanan darah.

Tubuh memerlukan tekanan darah yang normal, yaitu tidak tinggi dan tidak rendah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah rendah (hipotensi) sama-sama tidak sehat. Keduanya bisa membuat tubuh sakit dan memicu penyakit lainnya. Namun tanaman kol, terutama yang berwarna merah memiliki kandungan antosianin yang bisa membuat arteri menjadi lebih lentur sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

 

6. Menjaga kesehatan tulang.

Banyak orang perlu mengonsumsi kol karena manfaat kol bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan kandungan kalsium, magnesium, dan mineral lainnya di dalam kol. Selain itu, mineral adalah zat gizi mikro yang memiliki manfaat erat terkait tulang. Konsumsi kol bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

 

7. Meningkatkan kesehatan otak.

Kol juga dapat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan yodium, antosianin, dan vitamin K di dalam kol bisa memengaruhi kerja saraf yang penting terhadap daya pikir dan konsentrasi. Asupan yang ada di dalam kol dapat mencegah terjadinya penyakit Parkinson, Alzheimer, dan demensia.

 

8. Mencegah penyakit kanker.

Kamu bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker dengan mengonsumsi kol. Manfaat kol bisa mencegah penyakit kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara, dan lainnya.

Di dalam kol terdapat kandungan glukosinolat yang sangat tinggi. Kandungan glukosinolat ini memiliki sifat antikarsinogenik yang bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh. Ini juga dapat mencegah muncul tumor ganas yang sering kali menjadi kanker.

 

9. Mencegah terjadinya katarak.

Sayur kol mengandung beta-karoten melalui kandungan vitamin A di dalamnya. Beta-karoten ini sangat baik bagi penglihatan. Oleh karena itu, konsumsilah kol karena manfaat kol dapat meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah terjadinya katarak.

 

10. Merawat kulit dan wajah.

Kulit dan wajah yang sehat dan cantik adalah dambaan bagi semua orang, terutama kaum hawa. Tidak perlu pergi ke salon atau menggunakan berbagai jenis perawatan kecantikan. Manfaat kol bisa merawat kulit tubuh dan wajahmu dengan sangat baik.

 

Berbagai jenis kandungan di dalam kol seperti antioksidan, sulfur, dan antosianin memiliki peran penting terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan tersebut bisa mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek, dan lainnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red