Dunia flora dan fauna memang sangat mengagumkan. Berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar seringkali membuat kita terpukau dengan keunikannya. Apalagi kalau kita coba mengenal hewan dan tumbuhan unik dari berbagai belahan dunia. Wah, dijamin pasti semakin kagum deh.

Yuk kita coba pelajari beberapa hewan dan tumbuhan unik tersebut sambil bermain tebak gambar. Gampang kok, kamu cukup menebak gambar-gambar berikut ini kira-kiraadalah flora atau fauna apa.

Petunjuknya adalah semua gambar berikut adalah gambar bagian tertentu dari tubuh hewan atau tumbuhan. Nanti di bagian bawah artikel ini akan ada jawabannya supaya kamu bisa mengecek apakah jawabanmu benar. Gimana, sudah siap? Ayo kita mulai!

1. Hayo ini benda apa? Bentuknya seperti mata bor ya. Mungkin tanduk hewan? Hmm...

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

2. Kalau yang ini apa? Kelihatannya sih mirip buah. Tapi buah apa ya?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

3. Nah, kalau yang ini sih jelas serangga ya. Tapi serangga apa? Kok berbulu putih begitu?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

4. Waduh, ini pohon tengkorak?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

5. Yang satu ini mirip seperti semacam ukiran. Kira-kira apa ya?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

6. Loh ini apa? Semacam kue kering kah?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

7. Kalau yang ini apa hayo? Seperti bola mata tapi kok besar banget ya?

Coba tebak, 7 gambar ini sebenarnya flora atau fauna apa?

Gimana, sudah kamu tebak semuanya? Kalau sudah, silakan cek apakah jawabanmu benar atau tidak. Berikut ini kunci jawabannya

1. Telur hiu.

Yap, ternyata benda berbentuk spiral yang mirip mata bor itu adalah telur! Tepatnya telur hiu tanduk. Spesies hiu ini mendapat nama demikian karena pada kepalanya terdapat dua tonjolan yang terletak di atas mata sehingga mirip tanduk.

Hiu tanduk hidup di perairan laut dangkal sebelah barat Amerika Serikat. Setelah menghasilkantelur, induk hiu akan meletakkan telurnya yang berbentuk unik itu di celah-celah bebatuan di dasar laut untuk melindunginya dari pemangsa. Wah, ibu yang baik ya.

2. Buah mawar.

Hah? Buah mawar? Ya benar, tanaman mawar yang selama ini terkenal dengan bunganya sebenarnya juga memiliki buah. Dan selain punya warna yang cantik, buah mawar juga kaya vitamin C yangbagus buat kesehatan lho.

Cara mengonsumsinya pun beragam. Bisa dimakan langsung, dijadikan selai, sirup, bahkan diminum bersama teh herbal. Hmm kira-kira rasa buah ini seperti apa ya?

3. Semut beludru.

Kalau kamu menebak bahwa serangga di gambar itu adalah semut, maka kamu 50% benar. Lho kok cuma 50 persen? Ya, karena meskipun biasa disebut semut beludru, sebenarnya serangga itu bukan termasuk spesies semut, melainkan tawon.

Lalu kenapa disebut semut? Rupanya itu karena betinanya tidak punya sayap, sehingga sekilas lebih mirip semut. Sementara embel-embel beludru diberikan karena tubuh tawon ini ditutupi bulu halus seperti kain beludru. Bulunya ini biasanya berwarna merah-hitam atau oranye, tapi ada juga yang berwarna putih.

Hal lain yang terkenal dari tawon ini adalah sengatannya yang sangat menyakitkan, bahkan sering disebut pembunuh sapi lho. Tapi tenang, habitat tawon ini hanya ada di benua Amerika saja kok.

4. Bunga Snapdragon.

Ternyataitu bukan pohon tengkorak. Itu adalah tanaman berbunga dari genus Anthirrinum yang umum disebut snapdragon atau dragon flower alias bunga naga. Sebutan itu muncul karena bentuk bunganya sekilas terlihat seperti naga yang sedang membuka mulutnya.

Lalu bagian yang menyerupai tengkorak manusia itu apa? Ternyata itu adalah bunganya juga. Ketika mekar bunga snapdragon memang terlihat sangat cantik, tapi ketika sudah layu dan mengering, bunga cantik itu berubah bentuk menjadi tengkorak yang mengerikan!

Karena bentuknya itu, masyarakat kuno menganggap bahwa snapdragon memiliki kekuatan supranatural dan dapat melindungi seseorang dari kekuatan jahat. Tentu saja itu cuma mitos, tapi belakangan diketahui bahwa bunga ini memang mampu melindungi seseorang lho, tepatnya melindungi dari risiko tumor dan kanker. Wah, keren ya!

5. Gigi anjing laut.

Mungkin kamu sudah menebak bahwa gambar tersebut adalah gambar deretan gigi hewan. Yap, kamu benar sekali. Itu adalah gigi crabeater seal alias anjing laut pemakan kepiting. Tapi jangan kira bahwa gigi-gigi tersebut sudah diukir oleh seseorang ya, karena memang bentuk aslinya seperti itu.

Kok bentuknya unik banget ya? Rupanya gigi yang berbentuk unik itu digunakan oleh anjing laut pemakan kepiting untuk "menyaring" makanannya dari laut, yaitu krill alias sejenis udang kecil.Jadi sebenarnya itulah satu lagi hal yang unik dari hewan ini. Meski namanya anjing laut pemakan kepiting, ternyata mereka makan udang, bukan kepiting. Ternyata selain giginya, namanya pun unik ya.

6. Buah jeruk sukade berjari.

Nah, ternyata itu bukan gambar kue kering, tapi sejenis jeruk yang disebut citronatau dalam bahasa Indonesia biasa disebut jeruk sukade.

Jeruk sukade adalah jenis jeruk yang berkulit tebal dan memiliki daging buah sedikit. Jenis jeruk yang berbentuk unik seperti jari-jari tangan ini disebut jeruk sukade berjari atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai Buddha's hand alias tangan Buddha.

Karena daging buahnya sedikit, jeruk yang banyak berasal dari Tiongkok ini biasanya tidak dikonsumsi. Penggunaan yang lebih umum adalah dijadikan pewangi ruangan karena buahnya memiliki aroma yang sangat harum. Wah, jadi penasaran nih seharum apa sih buahnya?

7. Bola mata cumi-cumi raksasa.

Cumi-cumi raksasa bukan hanya makhluk mitos belaka. Hewan ini benar-benar ada, tapi mereka sangat misterius dan jarang terlihat karena habitatnya ada di laut dengan kedalamansekitar 300-1000 meter di bawah permukaan laut.

Itulah sebabnya baru sedikit hal yang diketahui tentang hewan ini. Sebagian besar penelitian terhadap hewan ini hanya didasarkan pada bangkainya yang kadang ditemukan mengambang di lautan, termasuk bola mata pada foto tersebut.

Namanya juga cumi-cumi raksasa, tentu ukuran hewan ini super besar. Sejauh ini diketahui bahwa betinanya bisa mencapai panjang 13 meter dari ekor hingga ujung tentakel, alias lebih panjang dari bus kota! Nggak heran kalau bola matanya bisa sebesar itu ya.

Jadi gimana, guys? Ada berapa tebakanmu yang benar? Kalau ternyata banyak yang salah juganggak masalah kok, yang penting adalah kita jadi bisa tahu tentang hewan serta tumbuhan berbentuk unik yang ada di berbagai belahan dunia. Hasilnya jadi makin kagum, bukan?

Makanya, mari kita lestarikan lingkungan dan segala isinya. Supaya kelak anak cucu kita juga masih bisa mempelajari tentang hewan dan tumbuhan unik di sekitar mereka bahkan di seluruh dunia. Setuju?