×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cermat mengelola keuangan, ini 7 tips menabung ala anak kos

0

Ekonomi

Cermat mengelola keuangan, ini 7 tips menabung ala anak kos

Beberapa tips ini akan membantu anak kos dalam mengelola keuangan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kevin Ardian

17 / 01 / 2021 16:29

Menabung adalah salah satu cara untuk menyisihkan uang. Menabung juga memiliki banyak manfaat. Selain menyisihkan uang, menabung juga menanamkan sifat disiplin serta konsisten. Apalagi bagi anak kos, pasti punya banyak banget pengeluaran, ditambah jika sering hangout bareng teman. Meskipun begitu kamu tetap harus menabung, ya. Walaupun setiap hari hanya menabung sedikit, tapi lama-lama pasti jadi bukit. Yuk, simak tujuh tips menabung ala anak kos berikut ini.

1. Buat skala prioritas.

Tips yang satu ini sering banget diremehkan oleh banyak orang. Banyak orang yang belum sadar kalau membuat skala prioritas itu penting. Padahal dari skala prioritas bisa ketahuan urutan keperluan kamu, mulai dari yang gak penting sampai penting banget. Mulai sekarang kamu harus coba untuk memulai menulis skala prioritas supaya pemasukan dan juga pengeluaranmu dapat terukur.

2. Mulai dari jumlah yang kecil.

Nah, ini juga penting. Menabung itu tak harus langsung dalam nominal yang besar. Dari nominal kecil asal konsisten pasti juga bisa jadi banyak. Mulailah dari yang terkecil sehingga tidak membebanimu. Kalau sudah begitu pasti lama-kelamaan tabunganmu akan menjadi banyak tanpa kamu sadari. Ingat ya, kuncinya adalah konsisten!

Loading...

3. Membuat tujuan menabung.

Biar ada motivasi, enaknya menabung dengan tujuan. Sebelum mulai menabung, coba ingat apa tujuanmu menabung. Tujuannya supaya kamu punya semangat untuk terus menabung setiap hari. Hari demi hari dari uang jajan kamu sisihkan untuk dimasukkan ke dalam celengan. Dengan begitu, setiap harinya kamu akan konsisten dan semangat terus untuk menabung walaupun sedikit.

4. Membuka rekening.

Rekening baru juga termasuk ke dalam salah satu tips. Hal ini bertujuan supaya uang yang sudah kamu tabung tak akan terpakai untuk hal-hal yang tidak berguna. Sekaligus uangmu juga tak akan hilang karena rekening bank keamanannya sudah terjamin. Daripada di celengan, lebih baik tabung uangmu di bank yang sudah pasti aman dan tak bakal terpakai.

5. Bawa bekal ke kampus.

Mungkin tips ini belum diketahui oleh banyak orang, tapi patut kamu coba. Bawa bekal menjadi salah satu tips menghemat karena tanpa kamu sadari memasak itu lebih murah daripada harus jajan. Lagi pula hasil masakanmu bisa dimakan kembali pada malam hari. Kesampingkan rasa gengsi karena tips ini akan membantumu dalam menabung.

6. Naik transportasi umum.

Terdengar klasik tapi asyik. Naik transportasi umum memang berdesak–desakan dan juga terkadang jauh dari rasa nyaman dan aman. Tapi, tahukah kamu kalau naik transportasi umum juga bisa menghemat pengeluaranmu. Kalau biasanya naik kendaraan pribadi harus bayar bensin yang jumlahnya cukup menguras isi dompet, jika naik transportasi umum kamu tak perlu takut lagi karena harga tiketnya yang cenderung terjangkau.

7. Jangan sepelekan uang receh dan simpan kembalian.

Hal ini biasa terjadi di kota–kota besar. Setelah jajan atau terima uang receh lalu ditinggal begitu saja. Mulai sekarang kalau terima uang receh jangan pernah kamu sepelekan karena satu koin sangat berharga untuk kamu tabung. Berapa pun nominalnya, masukkan saja ke celengan atau rekeningmu karena itu sangat berarti untuk masa depan nanti.

Itulah tujuh tips hidup hemat ala anak kos. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa hidup hemat dan menggunakan uang dengan secermat mungkin, ya!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red