×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android, beserta pengertian & fungsi

0

Gadget

Cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android, beserta pengertian & fungsi

Kamu bisa mengetahui masalah yang terdapat pada handphone (HP) tanpa menghapus data, yaitu dengan menggunakan Safe Mode.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ugan Sugandi

29 / 07 / 2021 17:35

Android adalah sistem operasi yang dicetuskan pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, yang selanjutnya diambil alih pada tahun 2005 oleh Google. Sistem operasi ini adalah yang paling populer di dunia. Tapi, sistem Android ini rawan juga terkena gangguan seperti kinerja yang melambat. Untuk mengatasi hal itu kebanyakan orang melakukan factory reset atau format ulang. Di mana langkah ini mengembalikan pengaturan handphone-nya ke pengaturan pabrik.

Meskipun dirasa sangat efektif, namun dengan melakukan factory reset dapat menghapus semua data yang terdapat di dalam handphone kamu. Selain itu, jika langkah ini dilakukan terlalu sering akan semakin memperparah keadaan sistem operasi pada handphone kamu. Adapun cara lain agar mengetahui masalah yang terdapat pada handphone tanpa menghapus data yaitu dengan menggunakan Safe Mode.

Pengertian Safe Mode.

Safe Mode pada handphone Android yaitu sistem operasi Android hanya menjalankan fungsi dasar yang penting dan utama saja. Ketika handphone Android kamu masuk ke Safe Mode, semua aplikasi pihak ketiga tidak bisa digunakan. Pada saat menjalankan Safe Mode, tampilan handphone kita akan sama saja. Namun bedanya ada tanda air (watermark) bertuliskan Safe Mode di pojok kiri bawah.

Fungsi Safe Mode.

Fungsi Safe Mode adalah untuk memeriksa apakah ada aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada sistem operasi Android. 

Cara mengaktifkan Safe Mode Android.

Cara mengaktifkan Safe Mode Android di beberapa merek dan tipe handphone berbeda-beda. Kombinasi tombol yang digunakan juga berbeda. Untuk mengaktifkan Safe Mode di beberapa tipe handphone lawas bisa dengan cara mematikan handphone terlebih dulu. Setelah itu nyalakan kembali dengan tombol Power, lalu tekan dan tahan kedua tombol volume selama booting berlangsung. Namun untuk handphone Android tipe terbaru, kamu bisa mengaktifkan Safe Mode dengan cara berikut ini:

Loading...

Cara mengaktifkan Safe Mode di handphone Xiaomi.

1. Matikan handphone dengan tombol Power dan tekan Power Off.

2. Nyalakan kembali dengan tombol Power.

3. Setelah muncul logo Mi tekan sensor sidik jari (fingerprint scanner) berulang-ulang.

4. Tekan terus sampai masuk ke Safe Mode.

Jika handphone kamu tidak bisa masuk ke Safe Mode perlu dicatat, ada beberapa model dan merek handphone yang baru bisa masuk ke Safe Mode jika sudah masuk dalam mode pengembang (Developer Mode). Untuk masuk ke mode pengembang, kamu harus pergi ke Setting > About lalu ketuk beberapa kali pada keterangan opsi Build Number.

Cara menonaktifkan Safe Mode Android pada semua smartphone.

Untuk menonaktifkan fitur Safe Mode pada semua perangkat dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat.

1. Kamu tinggal tekan dan tahan tombol Power hingga muncul opsi untuk Restart atau Power off.

2. Pilihlah opsi Restart dan smartphone akan menyala kembali ke kondisi semula.

Safe Mode Android memiliki banyak manfaat, di antaranya memungkinkan kamu bisa mengecek aplikasi pihak ketiga mana yang membuat handphone lemot, mengubah setingan ke setingan standar atau bawaan pabrikan, dan menghapus atau mengubah aplikasi atau setingan yang tidak dibutuhkan.

Biasanya Safe Mode digunakan ketika ada penggunaan Mod berlebihan. Kelebihan lain dari Safe Mode adalah menghapus aplikasi yang sering memunculkan iklan atau mengandung malware.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red