×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Canggih banget, teknologi pesawat ini ternyata terinspirasi dari hiu

0

Ilmiah

Canggih banget, teknologi pesawat ini ternyata terinspirasi dari hiu

Buktikan kalau alam bisa 'kalahkan' teknologi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ros Diana

04 / 09 / 2018 16:39

Sebagai predator yang sangat ditakuti di laut, Hiu mempunyai kecepatan berenang yang amat mengagumkan. Hiu Mako Sirip Pendek misalnya, sebagai sebagai Hiu tercepat di lautan, ia memiliki kemampuan berenang hingga 100 km per jam.

Canggih banget, teknologi pesawat ini ternyata terinspirasi dari hiufoto: twitter.com/Code_Kyuubi

Hiu menggunakan bentuk tubuh mereka untuk meningkatkan daya angkat dan mengurangi hambatan ketika mereka bergerak melalui air, dan pesawat terbang punya prinsip yang sama untuk bergerak di udara.

Berdasarkan studi, kulit Hiu telah disesuaikan untuk bisa bergerak dengan kecepatan optimum di dalam air. Permukaan kulit hewan ini tertutup oleh dentikel atau sisik plasoid yang strukturnya mirip dengan gigi manusia. Dentikel kulit hiu inilah yang bisa mengurangi daya tarik air.

Canggih banget, teknologi pesawat ini ternyata terinspirasi dari hiufoto: Dentikel kulit hiu/ newatlas.com

Loading...

Terinspirasi dari ikan ini, peneliti mengembangkan lapisan "kulit ikan hiu" ini untuk digunakan pada permukaan pesawat terbang yang dapat mengurangi hambatan sehingga menjadikannya lebih hemat bakar. Bahkan, para peneliti mengklaim bahwa jika cat ini diterapkan pada semua pesawat yang ada di Bumi ini, maka bisa menghemat bahan bakar sebanyak 4,48 juta ton per tahunnya. Lebih hemat bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan. Keren banget !

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red