Bagi para penyuka kehidupan malam di kota-kota besar, melihat orang mabuk berjalan sempoyongan karena kebanyakan minum minuman keras mungkin terasa biasa saja. Tapi kalau yang mabuk itu burung, gimana ya?

Itulah yang dilihat oleh sejumlah orang di wilayah barat daya Inggris Raya selama beberapa minggu ini. Ketika diwawancara oleh upi.com, mereka menceritakan pengalaman janggal di daerah Devonshire dan Dorset.

"Awalnya mereka kelihatan seperti keracunan makanan. Begitu mengeluarkan isi perutnya, sepertinya mereka membaik," ujar Jo Daniel, pegawaiRoyal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), Jumat lalu (6/7).

Burung-burung ini ditemukan dalam keadaan mabuk, kok bisa?

Burung-burung laut mengelilingi segelar bir. Sumber: dailymail.co.uk

Burung-burung laut ini terindikasi mabuk karena meminum bir dari gelas-gelas yang ditinggalkan oleh sejumlah pendatang pantai setempat. "Saat saya hendak memungut seekor burung laut itu, tiba-tiba dia melepaskan diri, terbang sesaat, kemudian jatuh lagi dan tak sadarkan diri," ungkap Virgil Turner, pemadam kebakaran di daerah Dorset seperti dilansir dailymail.co.uk.

Selain itu, rekan Jo Daniel bernama David Couper menyebut para burung itu seperti berjalan tanpa arah, bahkan kesusahan menyeimbangkan tubuh hanya untuk berdiri selayaknya manusia yang mabuk setelah minum-minum. "Bau alkohol terasa menyengat ketikaburung-burung ini kami bawa untuk diselamatkan, aroma mobil van kami jadi serasa di klub malam," lanjut Couper.

Burung-burung ini ditemukan dalam keadaan mabuk, kok bisa?

Seekor burung yang keracunan alkohol diselamatkan. Sumber: dailymail.co.uk

Selain oleh sisa minuman keras di wilayah pantai, Couper menyebutkan bahwa burung-burungyangmabuk ini ditengarai karena keracunan limbah dari pabrik minuman beralkohol. Lembaga RSPCA pun menyatakan peringatan mereka pada pabrik-pabrik pembuat minuman beralkohol agar limbah produksi mereka tidak sampai ke tempat-tempat yang sering didatangi para hewan untuk mencari makan.